Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Jumat, 15 Agustus 2014

5 Pertolongan Pertama Pada Penderita Diare

5 Pertolongan Pertama Pada Penderita Diare - Penyakit diare sering kali diremehkan bahkan dianggap tidak berbahaya. Kasus diare merupakan penyebab kematian yang cukup tinggi. Masalah utama pada penderita diare adalah dehidrasi atau kekurangan cairan dimana cairan yang masuk ke dalam tubuh tidak bertahan lama karena langsung keluar bersama dengan kotoran.

Untuk menghindari kondisi yang semakin parah pada diare diperlukan pertolongan yang cepat dan akurat. Berikut 5 pertolongan pertama pada penyakit diare.

5 Pertolongan Pertama Pada Penderita Diare
5 Pertolongan Pertama Pada Penderita Diare

Penuhi kebutuhan cairan
Kekurangan cairan atau dehidrasi pada penderita diare terjadi sangat cepat untuk itu kebutuhan cairan harus segera dipenuhi. Jika memungkinkan berikan banyak minum bisa air putih atau lebih baik oralit. Tanda-tanda penderita diare sudah mengalami dehidrasi berat adalah mata nampak sangat cowong, elastisitas kulit menurun, jarang kencing, gelisah, suhu tubuh meningkat, bahkan penurunan kesadaran.

Apabila penderita diare tidak memungkinkan untuk minum air solusi satu satunya adalah pemberian cairan melalui jalur parenteral atau cairan infus. Untuk cara yang satu ini dianjurkan dilakukan tempat pelayanan medis seperti Puskesmas atau rumah sakit.

Segera bertobat
Ingat diare merupakan penyakit dengan progress yang sangat cepat jadi jangan menunda untuk mendapatkan pertolongan. Manusia bisa bertahan lebih lama tanpa makan namun tidak terlalu kuat jika kekurangan cairan, jadi secepat mungkin usahakan penderita diare mendapatkan tambahan cairan. Jika terkendala masalah biaya Puskesmas merupakan tujuan yang tepat karena lebih ekonomis sudah bisa mendapatkan pertolongan lebih cepat.

Hendari konsumsi sayur
Sebagian besar jenis sayur memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, serat di dalam saluran cerna membantu proses pencernaan namun ketika terjadi diare serat malah bisa memperparah. Serat membuat usus mengekskresi cairan lebih banyak maka pengeluaran cairan oleh tubuh akan semakin bertambah dan menyebabkan tubuh semakin dehidrasi.

Jaga suhu ruangan
Suhu ruangan mempengaruhi konsumsi cairan oleh tubuh. Apabila suhu ruangan terlalu panas maka penggunaan cairan oleh tubuh akan meningkat. Saat terjadi diare tubuh sedang mengalami kekurangan cairan apabila penggunaan cairan terus meningkat maka secara langsung ini akan memperparah dehidrasi. Begitu juga ketika suhu ruangan terlalu dingin bisa meningkatkan proses metabolisme dan penggunaan cairan tubuh dan berimbas pada dehidrasi.

Temukan penyebab diare
Penyakit diare bisa disebabkan karena beberapa faktor diantaranya kuman yang terdapat dalam makanan atau minuman,efek obat-obatan, atau keracunan. Penyebab diare bisa diketahui dengan memperhatikan apa aktivitas yang dilakukan oleh penderita sebelum terjadinya diare. Kecenderungan diare disebabkan oleh kuman atau bakteri yang terdapat dalam makanan atau minuman, disini peran keluarga atau orang terdekat sangat diperlukan karena dengan diketahui penyebab diare akan mempermudah proses pengobatan dan perawatan penderita diare.

Itulah 5 pertolongan pertama pada penderita diare yang bertujuan menghindari dampak buruk yang bisa terjadi ketika tubuh mengalami dehidrasi karena diare. Mengapa Diare Dilarang Makan Buah & Sayur

5 Pertolongan Pertama Pada Penderita Diare Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra