Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Jumat, 11 Juli 2014

Merokok Juga Bisa Menyebabkan Kerusakan Pada Lambung

Merokok Juga Bisa Menyebabkan Kerusakan Pada Lambung - Merokok sangat erat kaitanya dengan berbagai masalah kesehatan, yang paling umum adalah berpotensi mengalami gangguan kesehatan jantung atau kardiovaskuler. Namun ternyata satu sisi rokok juga berbahaya bagi kesehatan saluran pencernaan khususnya lambung.

Merokok Juga Bisa Menyebabkan Kerusakan Pada Lambung
Merokok Juga Bisa Menyebabkan Kerusakan Pada Lambung

Asap rokok dapat mengakibatkan terjadinya pengikisan padang mukosa dinding organ lambung. Mukosa sendiri memiliki peranan sebagai lapisan pelindung bagi lambung untuk menahan kerasanya asam lambung. Selain merusak dinding mukosa merokok juga bisa meningkatkan risiko terjadinya kanker lambung juga kanker pankreas.

Asap rokok yang dihirup oleh perokok aktif pada umumnya begitu juga perokok pasif memang tidak secara langsung masuk ke dalam lambung dan merusak dinding mukosa pada lambung, Tetapi zat kimia yang terdapat di dalamnya masuk ke aliran darah menuju ke lambung dan mengakibatkan terjadinya erosi pada mukosa lambung.

Di samping terjadinya erosi pada mukosa lambung zat berbahaya yang terkandung dalam asap rokok juga akan menstimulasi peningkatan produksi asam lambung. Tentu saja kondisi ini akan semakin memperparah kerusakan pada lambung.

Tidak hanya sebagai pelindung lambung dari “sengatan” asam lambung fungsi lain dari mukosa lambung adalah sebagai sistem imun untuk menangkal zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan.

Sebelumnya sudah banyak masyarakat yang menyadari bahwa perilaku yang kurang sehat seperti kecanduan minuman beralkohol juga terlalu sering makan makanan pedas bisa merusak kesehatan lambung dan ternyata merokok juga bisa menyebabkan kerusakan pada lambung.

Merokok Juga Bisa Menyebabkan Kerusakan Pada Lambung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra