Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Mengapa Merokok Membuat Kecanduan

Penyebab Mengapa Merokok Membuat Kecanduan - Lebih dari 4000 zat kimia berbahaya terkandung di dalam rokok, Itu berarti merokok tidak ubahnya dengan menghirup racun dan membawanya masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan banyak sekali masalah kesehatan bahkan kematian.

Penyebab Mengapa Merokok Membuat Kecanduan
Matikan rokok Anda sekarang!

Berbagai macam penyakit bisa disebabkan karena merokok diantaranya penyakit paru-paru kronis, penyakit jantung, penyakit pembuluh darah termasuk kanker. Namun bagi pecandu rokok masalah ini sering diabaikan, lalu apa penyebab perokok bisa mengalami kecanduan rokok hingga mereka mengabaikan kesehatan?

Faktor yang menyebabkan seseorang kecanduan merokok adalah kandungan nikotin yang terdapat di dalamnya. Ketika nikotin yang dihisap dari asap rokok masuk ke tubuh lalu dibawa oleh aliran darah hanya butuh waktu 8 sampai 10 menit untuk sampai ke otak. Di dalam otak akan ada reseptor yang mengikat nikotin lalu mengeluarkan dopamin, inilah yang akan mempengaruhi kontrol pusat kepuasan pada saraf otak.

Semakin sering seseorang merokok maka jumlah reseptor pengikat nikotin juga akan bertambah semakin banyak, juga zat dopamin yang diproduksi ikut meningkat. Ketika kondisi seperti ini sudah terjadi lalu kemudian mencoba untuk tidak merokok maka reseptor akan memberikan peringatan sehingga muncullah rasa tidak nyaman ketika tidak merokok.

Inilah akhirnya mengapa kecenderungan perokok aktif mengalami kecanduan. Apabila perokok berat yang sudah mengalami kecanduan rokok kemudian berhenti tiba-tiba menghirup roko maka mereka akan mengalami gejala seperti sakit kepala, perasaan gelisah, cepat marah, bahkan mengalami stres atau depresi. Untuk itu untuk pecandu rokok yang ingin berhenti merokok bisa dilakukan secara pelan pelan.

Bagi pecandu rokok merokok memang bisa menimbulkan rasa nyaman namun efek samping yang di timbulkan sangat berbahaya bagi kesehatan dan itu tidak sebanding dengan rasa nyaman yang diberikan oleh rokok.