Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Sabtu, 07 Juni 2014

4 Ancaman Kesehatan Bagi Wanita Usia 40an

4 Ancaman Kesehatan Bagi Wanita Usia 40an - Ketika usia semakin bertambah yang terjadi tidak hanya bertambahnya pengalaman hidup tetapi juga meningkatnya risiko terjadinya masalah kesehatan khususnya bagi kaum wanita yang sudah memasuki usia kepala 4.

4 Ancaman Kesehatan Bagi Wanita Usia 40an
Ilustrasi wanita usia 40an

Meskipun dari luar wanita paruh baya memiliki tubuh yang nampak masih segar dan tetap prima itu bukan berarti mereka terhindar dari berbagai masalah kesehatan yang sangat rentan di usia tersebut.

Ada beberapa masalah kesehatan atau penyakit yang sangat rentan terjadi pada usia 40 tahun ke atas diantaranya:

Pengeroposan tulang
Pengeroposan tulang atau yang biasa disebut dengan osteoporosis biasa menghantui wanita usia pertengahan.

Wanita usia 40an lebih berisiko terkena pengeroposan tulang atau osteoporosis dibandingkan dengan kaum pria. Hal ini bisa terjadi karena ketika memasuki usia pertengahan juga masa menopause akan terjadi penurunan hormon estrogen dimana hormon ini membantu mengikat kalsium yang berfungsi untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tulang.

Untuk menghindari pengeroposan tulang atau osteoporosis dianjurkan pada wanita usia 40an mengkonsumsi makanan juga minuman yang memiliki cukup zat kalsium juga dibarengi dengan olahraga ringan.

Masalah kesehatan payudara
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sekitar 13 persen atau lebih wanita didiagnosa mengalami penyakit kanker payudara.

Karena masalah ini sangat dianjurkan bagi wanita usia 40 ke atas rutin melakukan cek kesehatan. Disamping itu juga menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat sangat penting membantu menghindari dari risiko terkena kanker payudara.

Masalah jantung dan kardiovaskuler
Pada wanita usia pertengahan di wilayah Amerika penyakit jantung dan kardiovaskuler menjadi factor penyebab kematian terbesar kedua setelah penyakit kanker. Oleh sebab itu ada baiknya bagi wanita usia 40 tahun ke atas rutin melakukan cek kesehatan khususnya jantung.

Terjadinya kehamilan
Kehamilan biasanya terjadi pada wanita dengan usia produktif. Namun ketika memasuki usia 40an dan belum mengalami menopause kehamilan sangat mungkin terjadi dan tentu ini bukan sesuatu yang diharapkan karena hamil di usia tersebut sangat berpotensi menimbulkan masalah ketika melahirkan. Untuk itu dianjurkan agar wanita usia 40 tetap menggunakan kontrasepsi untuk mencegah terjadinya kehamilan.

Itulah 4 ancaman masalah kesehatan yang mungkin terjadi pada wanita usia 40an.

4 Ancaman Kesehatan Bagi Wanita Usia 40an Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra