Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Selasa, 08 April 2014

Cara Penularan Dan Gejala Penyakit TBC Paru

Cara Penularan Dan Gejala Penyakit TBC Paru - Penyakit Tuberkulosis pada paru-paru atau yang biasa disingkat TBC paru adalah penyakit infeksi paru yang disebabkan oleh bakteri berbentuk batang Mycrobacterium Tuberculosis. Penyakit TBC paru termasuk dalam penyakit kronis membutuhkan pengawasan dan pengobatan jangka panjang.

Cara Penularan Dan Gejala Penyakit TBC Paru
Cara Penularan Dan Gejala Penyakit TBC Paru

Cara penularan TBC paru
Bakteri Microbacterium Tuberculsis sangat mudah menyebar antara manusia ke manusia dengan cara penularan droplet dan airborne.

Yang dimaksud dengan droplet adalah ketika seseorang yang sudah terinfeksi bakteri TBC paru mengalami batuk maka kemungkinan saat batuk ada cairan/dahak yang keluar lalu menempel di baju/sapu tangan dan tidak sengaja benda tersebut digunakan oleh orang lain lalu menghirupnya sehingga bakteri TBC pun menular.

Sedangkan istilah airborne artinya ketika penderita penyakit TBC paru mengalami batuk atau bersin maka secara otomatis ada cairan mengandung kuman TBC menyembur ke udara dalam bentuk embun, udara itulah yang berpeluang dihirup oleh orang lain itulah yang disebut airborne.

Gejala penyakit TBC paru
Gejala awal adalah gejala umum pada infeksi yaitu penurunan nafsu makan, suhu tubuh meningkat, penurunan berat badan, pada kasus lanjut sudah mengalami batuk disertai dahak berwana kuning kadang agak kehijauan dan ini berlangsung cukup lama.

Perlu diperhatikan tidak semua orang yang menghirup kuman atau bakteri TBC paru akan terinfeksi itu tergantung dari jumlah kuman dan daya tahan tubuh seseorang, semakin sulit tertular jika daya tahan tubuh kuat.

Satu lagi, bakteri Microbacterium Tuberculosis sangat "takut" dengan sinar matahari itulah mengapa sangat penting kamar penderita penyakit TBC paru mendapat paparan sinar matahari juga peralatan yang digunakan seperti baju/handuk/sapu tangan termasuk tempat dahak - Cara Penularan Dan Gejala Penyakit TBC Paru.
Alergi Bisa Terjadi Saat Minum Obat Herbal

Cara Penularan Dan Gejala Penyakit TBC Paru Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra