Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Minggu, 06 April 2014

Alergi Bisa Terjadi Saat Minum Obat Herbal

Alergi Bisa Terjadi Saat Minum Obat Herbal - Di kalangan masyarakat umum obat herbal masih menjadi pilihan untuk mengatasi masalah kesehatan. Istilah herbal dikonotasinya sebagai sesuatu yang alami dan aman untuk dikonsumsi, ini pula yang membuat banyak orang tidak lagi memikirkan efek samping atau dosis dari obat herbal ketika menggunakannya.

Alergi Bisa Terjadi Saat Minum Obat Herbal
Alergi Bisa Terjadi Saat Minum Obat Herbal

Obat herbal memang bersumber dari bahan baku alami dan cenderung lebih ama dari obat kimia dari pabrik karena zat aktif pada obat herbal lebih rendah. Tapi bukan berarti obat herbal sepenuhnya aman dikonsumsi, seperti contoh kasus alergi obat khususnya obat kimia dari pabrik, kejadian alergi obat atau dalah bahasa medis disebut sindrum Steven Johson memang sangat jarang terjadi namun harus diwaspadai.

Alergi obat bisa terjadi ketika minum obat herbal penyebabnya sama seperti obat kimia yaitu penolakan autoimun tubuh terhadap obat herbal tersebut. Gejalanya pun sama berupa rasa panas di kulit, pusing, sesak, dan muncul ruam/bintik-bintik di kulit.

Untuk menghindari atau mengantisipasi terjadinya alergi obat herbal sebaiknya cobalah dosis kecil untuk pertama kali dan lihat hasil yang ditimbulkan jika terjadi gejala alergi seperti di atas sebaiknya hentikan penggunaan obat herbal tersebut. Ini berlaku juga untuk obat kimia.

Perlu diperhatikan bahwa obat itu bagai pedang bermata dua yang memiliki manfaat juga efek samping jadi penting bagi kita untuk mengenal jenis, fungsi, dosis, efek samping, indikasi, kontra indikasi, dan aturan pakai dari obat yang akan kita gunakan - Alergi Bisa Terjadi Saat Minum Obat Herbal.
Hati-hati Dalam Mengolah Obat Herbal

Alergi Bisa Terjadi Saat Minum Obat Herbal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra