Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Selasa, 02 Juli 2013

Kenapa Pada Penyakit DM Kadar Gula Darah Bisa Tinggi

Kenapa Pada Penyakit DM Kadar Gula Darah Bisa Tinggi - Diabetes Mellitus atau DM dalam bahasa Indonesia disebut kencing manis adalah penyakit metabolik dimana terjadi gangguan metabolisme glukosa dalam tubuh. Penyaki DM semakin populer di jaman modern karena gaya hidup tidak sehat tapi beberapa penelitian menunjukkan penyakit ini sudah ada sejak lama. Sesuai dengan namanya Diabetes Mellitus tanda dari penyakit ini adalah tingginya kadar gula dalam darah.

Kenapa Pada Penyakit DM Kadar Gula Darah Bisa Tinggi
Ilustrasi Cek Kadar Gula Darah

Bagaimana bisa kadar gula darah penderita penyakit DM menjadi tinggi?

Kadar normal gula darah orang dewasa saat puasa 8 jam di bawah 100 mg/dl, 2 jam setelah makan di bawah 200 mg/dl. Namun pada penderita penyakit DM gula darah saat puasa 8 jam bisa mencapai 150 mg/dl, ini terjadi karena intake atau pemasukan glukosa/gula tidak seimbang dengan pemakaian oleh tubuh.

Kenapa Pada Penyakit DM Kadar Gula Darah Bisa Tinggi
Kelenjar Pankreas Produksi Insulin

Makanan [karbohidrat, glukosa/gula, dll] yang Kita konsumsi akan dirubah menjadi glukosa yang nantinya akan diolah oleh sel untuk menjadi energi. Untuk bisa masuk ke dalam sel glukosa atau gula darah ini membutuhkan alat pengantar berupa zat bernama insulin, insulin dihasilkan oleh kelenjar pankreas yang letaknya di bawah lambung. Pada orang yang "rakus" tidak menjaga jenis, jadwal, dan jumlah makanan tentu akan membuat kadar gula dalam darah meningkat ini membuat insulin "kewalahan" kalah jumlah yang mampu diangkut ke dalam sel hanya beberapa sehingga kadar gula dalam darah menjadi tinggi.

Ada beberapa faktor yang membuat jumlah gula darah dan insulin tidak seimbang, pertama karena jumlah glukosa yang masuk dalam tubuh terlalu tinggi [ini jelas karena pola makan], yang kedua karena kelenjang pankreas mengalami masalah dalam memproduksi insulin. selengkapnya bisa baca di postingan Diabetes Mellitus Tipe 1 "Kencing Manis" - Kenapa Pada Penyakit DM Kadar Gula Darah Bisa Tinggi.

Kenapa Pada Penyakit DM Kadar Gula Darah Bisa Tinggi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra