Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Jumat, 01 Maret 2013

Waspadai Gusi Berdarah Mungkin Itu Penyakit Gingivitis

Waspadai Gusi Berdarah Mungkin Itu Penyakit Gingivitis – Tersenggol ujung sikat saat sikat gigi bisa saja melukai gusi dan membuatnya berdarah namun bila Anda punya masalah gusi berdarah yang terjadi begitu saja maka itu perlu diwaspadai. Gusi adalah jaringan yang menutupi dan melindungi rahang terbentuk dari serat otot, banyaknya pembuluh darah pada gusi membuat gusi nampak berwana merah muda. Mulut merupakan daerah yang sering kontak dengan dunia luar melalui makanan dan minuman juga udara sehingga besar resiko gusi mendapat “serangan” dari luar.

Waspadai Gusi Berdarah Mungkin Itu Penyakit Gingivitis
Ilustrasi Gusi Berdarah, Gingivitis

Gusi termasuk kedalam jaringan semi lunak itu membuat gusi saat rentan terluka, dari luka tersebut bisa menjadi media masuknya bakteri yang pada akhirnya mengakibatkan infeksi atau peradangan pada gusi disebut juga Gingivitis, Infeksi akan membuat gusi bengkak dan berdarah, untuk itu kita perlu berhati-hati saat sikat gigi dan mengunyah makanan yang keras agar tidak melukai gigi.

Gingivitis bisa terjadi bukan hanya karena gusi pernah terluka namun juga perilaku yang kurang menjaga kesehatan mulut jarang gosok gigi. Jika seseorang tidak perhatian terhadap kesehatan mulutnya akan membuat bakteri tumbuh dengan subur di rongga mulut dan di sela-sela gigi. Bakteri tersebut sangat berpeluang menginfeksi gusi menyebabkan Gingivitis.

Gingivitis juga beresiko terjadi pada pasien diabetes dan perokok aktif, infeksi Gingivitis akan menjadi lebih berat bila sistem kekebalan tubuh sedang turun. Selain gusi berdarah Gingivitis juga bisa mengakibatkan kerusakan pada gigi, akar gigi akan ikut mengalami infeksi sehingga menggerogoti struktur pada gigi sehingga gigi menjadi tanggal.

Gusi memang tersembunyi tidak seperti rambut yang nampak dan selalu mendapat perawatan ekstra agar tampil menarik namun gusi juga butuh perhatian dan perawatan karena gusi termasuk dalam organ pencernaan jika Gingitivis terjadi maka akan mengganggu proses mengunyah bisa perdampak pada penurunan nutrisi bagi tubuh - Waspadai Gusi Berdarah Mungkin Itu Penyakit Gingivitis.

Baca juga artikel dan informasi kesehatan Gula Alternatif Baik Untuk Penderita Diabetes Mellitus.

Waspadai Gusi Berdarah Mungkin Itu Penyakit Gingivitis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra