Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Sabtu, 23 Februari 2013

Gula Alternatif Baik Untuk Penderita Diabetes Mellitus

Gula Alternatif Baik Untuk Penderita Diabetes Mellitus – Diabetes mellitus yang lebih akrab disebut DM merupakan gangguan metabolik yang melibatkan hormon insulin dengan glukosa [gula] dimana terjadi ketidak seimbangan antara tingginya jumlah atau kadar glukosa dengan insulin. Penderita DM harus melakukan diet khusus untuk menghindari terjadinya peningkatan kadar gula darah yang tidak terkendali biasanya dengan mengurangi konsumsi karbohidrat dan gula.

Meskipun penderita diabetes mellitus harus membatasi asupan gula namun ternyata tidak semua jenis gula harus dihindari karena ada beberapa jenis gula yang cukup baik untuk penderita DM diantaranya:

JENIS
KETERANGAN
Agrave
Agrave adalah sejenis tanaman berbentuk oval dengan ujung daun runcing. Gula olahan dari getah Agrave inilah yang biasa disebut gula Agrave, yang diklaim dua kali lebih manis dari gula biasa namun lebih lambat diserap oleh tubuh dan tidak membuat gula darah melonjak tinggi.
Aspartame
Aspartame atau juga disebut dengan nama dagang Equal, Nutrasweet dan Canderel adalah pemanis sintetis non-nutritif yang ditemukan pada tahun 1965. Gula ini diklaim 200 kali lebih manis dari gula biasa.
Sakarin
Sakarin adalah pemanis yang terbuat dari garam natrium tidak mengandung kalori, 300 kali lebih manis dari gula biasa. Jenis gula Sakarin ini tidak baik bagi wanita hamil dan ibu menyusui.
Stevia
Jenis gula ini memiliki tingkat kemanisan sekitar 300 kali gula biasa dan tidak mengandung kalori. Gula ini diproses dari tanaman Stevia yaitu daun dari tanaman Stevia.
Sucralose
Sucralose juga merupakan gula yang baik untuk penderita DM karena non-nutritif dan memiliki tingkat kemanisa hamper 600 kali lebih tinggi dari gula biasa.
Polyols
Polyols biasa juga disebut gula alcohol yang merupakan turunan dari serat alami buah dan sayuran. Jenis gula ini memiliki kandungan kalori yang jauh lebih rendah dari gula biasa.

Agrave | Gula Alternatif Untuk Penderita Diabetes Mellitus
Tanaman Agrave, Sumber: Wikipedia

Stevia | Gula Alternatif Untuk Penderita Diabetes Mellitus
Tanaman Stevia, Sumber: stevia-gec.blogspot.com

Inilah gula alternatif yang bias dikonsumsi oleh penderita diabetes mellitus namun control gula garah juga harus rutin dilakukan untuk bias mengontrol kadar glukosa dalam darah - Gula Alternatif Baik Untuk Penderita Diabetes Mellitus.
Referensi: Kompas Health, Wikipedia

Baca juga artikel dan informasi kesehatan Diabetes Mellitus Tipe 1 "Kencing Manis".

Gula Alternatif Baik Untuk Penderita Diabetes Mellitus Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra