Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Kamis, 21 Februari 2013

Apa Gejala & Penyebab Radang Selaput Otak Meningitis?

Apa Gejala Dan Penyebab Radang Selaput Otak Meningitis? – Meningitis adalah radang yang terjadi pada selaput otak, otak sendiri memiliki tiga selaput atau lapisan yaitu dura meter yang berada paling atas, arachnoid, dan pia meter yang langsung bersentuhan dengan otak. Ketiga selaput otak ini beresiko mengalami peradangan atau infeksi, karena peradangan terjadi di sistem central dari tubuh manusia yaitu otak maka gangguan ini patut diwaspadai dan harus mendapat penanganan yang baik.
Apa Gejala Dan Penyebab Radang Selaput  Otak Meningitis?
Tiga Lapisan Otak, Sumber: Wikipedia

Penyebab Meningitis

Ada dua mikroorganisme yang bisa menyebabkan radang selaput otak atau meningitis yaitu bakteri dan virus. Bakteri dan virus bisa masuk ke lapisan otak dengan beberapa cara salah satunya adalah infeksi sekunder dimana sebelumnya sudah pernah ada infeksi primer seperti TBC [Tuberculosis] virus TBC bisa menuju otak melalui darah, bakteri/virus juga bisa masuk karena luka di kepala atau patah tulang yang tidak terawat dengan baik, mereka juga bisa masuk langsung dari luar baik melalui makanan atau udara dengan melalui beberapa proses.

Meningitis atau radang selaput otak juga bisa didapat saat melalukan perjalan ke luar daerah yang ternyata memiliki endemi penyakit meningitis. Tingkat kekebalan tubuh juga mempengaruhi kemampuan bakteri dan virus dalam menginvasi selaput otak. Ada beberapa perbedaan gejala dari meningitis yang disebabkan oleh bakteri dengan meningitis oleh virus.

Gejala Meningitis

Gejala umum pada penderita radang selaput otak berupa hipertermi [demam tinggi], sakit kepala, mata terasa sakit, muntah, gangguan saraf, kejang, pada kasus yang parah akan terjadi penurunan kesadaran hingga koma. Secara spesifik ada gejala khusus. Meningitis yang disebabkan oleh bakteri umumnya menimbulkan gejala yang lebih parah disertai purulent [terbentuknya nanah] pada lapisan otak.

Radang selaput otak meningitis bisa menyerang semua golongan usia, untuk mencegah terjadinya radang selaput otak meningitis haruslah menghindari faktor penyebab, melakukan vaksinasi meningitis dan menjaga kesehatan agar daya tahan tubuh tetap prima perhatikan juga daerah yang sedang mewabah penyakit meningitis sebelum memutuskan berlibur ke sana, semoga artikel ini bermanfaat - Apa Gejala Dan Penyebab Radang Selaput Otak Meningitis?

Baca juga artikel dan informasi kesehatan Vitamin D Tidak Akan Aktif Tanpa Sinar Matahari.

Apa Gejala & Penyebab Radang Selaput Otak Meningitis? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra