Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemberian Nebulizer Pada Anak Yang Batuk

Manfaat Pemberian Nebulizer Pada Anak Yang Batuk - Nebulizer adalah sebuah alat yang mampu merubah zat dalam bentuk cair ke uap. Pada umumnya Nebulizer diberikan pada orang yang mengalami gangguan sistem pernapasan seperti batuk, pilek maupun obstruksi / penyumbatan saluran pernapasan oleh mukus [dahak]. Nebulizer cenderung diberikan pada bayi atau anak-anak karena usia tersebut belum mampu mengeluarkan dahak secara optimal.

Pada penyakit ISPA [Infeksi Saluran Pernapasan Atas] yang ditandai dengan peradangan disertai batuk, pilek, adanya dahak, bisa mengganggu kebersihan jalan napas membuat aliran oksigen ke paru-paru tidak lancar, dahak inilah yang harus kita bersihkan. Untuk bisa membersihkan dan mengeluarkannya dahak harus kita buat lebih encer, disinilah fungsi pemberian Nabulizer.

Pemberian Nebulizer Pada  Anak Yang BatukNebulizer umumnya berupa cairan yang diberi obat bronkodilator dan ekspektoran. Bronkodilator berfungsi untuk melebarkan otot-otot saluran pernapasan, sedangkan ekspektoran sebagai pengencer dahak. Cairan ini akan dirubah menjadi uap oleh Nebulizer yang diberikan dengan cara menghirup uapnya.

Dengan pemberian obat melalui Nabulizer dahak akan lebih encer dan saluran nafas lebih meluas sehingga dahak lebih mudah keluar saat batuk dibantu dengan menepuk ringan pada bagian dada dan punggung. Manfaat pemberian Nabulizer biasanya langsung terasa, pada kasus berat pemberian Nabulizer harus rutin agar tidak terjadi penumpukan dahak / mukus.

Sebenarnya pengobatan dengan cara Nebulizer bukanlah teknik baru dalam pengobatan gangguan saluran pernapasan. Sebelum ada Nebulizer baskom berisi air hangat biasa digunakan untuk melegakan pernapasan dengan menghirup uap air hangat yang ada di baskom. Jika dahak terlalu lama menyumbat saluran napas dampaknya adalah gangguan oksigenasi [sesak dan kekurangan oksigen] pada jaringan tubuh - Manfaat Pemberian Nebulizer Pada Anak Yang Batuk.
Baca juga artikel dan informasi kesehatan Flu Tidak Perlu Minum Antibiotik.

Posting Komentar untuk "Pemberian Nebulizer Pada Anak Yang Batuk"