Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Sabtu, 31 Maret 2012

Pentingnya Bakteri Bifidobacterium Bagi Bayi

Pentingnya Bakteri Bifidobacterium Bagi Bayi - Secara awam keberadaan mikroorganisme seperti bakteri, jamur, dan virus cenderung mendapat citra negatif. Sangat wajar karena kecenderungan bakteri dan sebangsanya sering menjadi penyebab penyakit, seperti bakteri Tuberkulosis yang mengakibatkan terjadinya penyakit TBC paru. Tapi, sebenarnya tidak semua bakteri itu "jahat" ada juga yang "baik" seperti bakteri Bifidobacterium apalagi bagi bayi.

Pentingnya Bakteri Bifidobacterium Bagi BayiBakteri Bifidobacterium adalah bakteri yang umumnya hidup di dalam usus, di bagian bawah usus halus dan seluruh bagian usus besar pada bayi. Bakteri ini berbentuk batang, sering digunakan sebagai probiotik dalam bentuk susu atau yogurt. Secara umum keberadaan bakteri Bifidobacterium sangat menguntungkan bagi bayi yang tidak memiliki kekebalan tubuh sekuat orang dewasa dalam melawan bakteri "jahat".

Namun, setiap bayi memiliki perbedaan jumlah bakteri Bifidobackterium, jika jumlahnya sedikit jelas itu kurang baik bagi kesehatan. Salah satu faktor penyebab perbedaan itu adalah proses lahir si bayi dengan operasi caesar atau tidak, lho... kok bisa?

Selain berada di usus ternyata bakteri Bifidobacterium juga terdapat di dalam vagina orang dewasa jadi jika bayi lahir secara normal [per-vagina] maka lebih besar peluang si bayi memiliki cukup bakteri Bifidobacterium sedangkan pada bayi lahir dengan operasi caesar yang jalan lahirnya tidak melalui vagina berarti si bayi beresiko memiliki jumlah bakteri Bifidobacterium lebih sedikit.

Kenyataan ini menambah daftar "kerugian" dari operasi caesar bagi yang tidak berhak menjalaninya. Pada beberapa kasus yang krodit operasi caesar memang harus dilakukan tapi yang menjadi trend saat ini jumlah ibu-ibu yang melakukan operasi caesar terus meningkat padalah seharusnya tidak perlu.

Kembali ke bakteri Bifidobacterium. Bakteri Bifidobacterium berfungi dalam pembentukkan asam laktat dan asam asetat, sebagai probiotik, baik untuk kesehatan tulang, menghasilkan beberapa vitamin B kompleks. Bakteri ini juga dapat hidup dalam situasi tanpa oksigen dan lingkungan asam sehingga mampu melawan beberapa bakteri "jahat" yang juga hidup tanpa oksigen. Jadi bagi seorang bayi dengan antibody yang masih belum maksimal keberadaan bakteri Bifidobacterium sangatlah penting - Pentingnya Bakteri Bifidobacterium Bagi Bayi.

Pentingnya Bakteri Bifidobacterium Bagi Bayi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra