Saturday, February 4, 2012

Sinar Matahari Tidak Mengandung Vitamin D

Home » » Sinar Matahari Tidak Mengandung Vitamin D

Sinar Matahari Tidak Mengandung Vitamin D Reviewed by Adiana Putra on Saturday, February 4, 2012 Rating: 4.5

Sinar Matahari Tidak Mengandung Vitamin D - Seperti yang sering kita bahas di postingan sebelumnya bahwa vitamin sangat dibutuhkan oleh tubuh namun tubuh tidak bisa memproduksi sendiri jadi vitamin harus kita dapatkan dari luar, berlaku untuk semua vitamin [kecuali vitamin K yang bisa dibentuk dengan bantuan bakteri E. Coli di usus besar]. Bagaimana kita bisa mendapatkan vitamin? Tentu saja melalui makanan, bagaimana dengan sinar matahari yang katanya mengandung vitamin D? Sebenarnya sinar matahari tidak mengandung vitamin D.

Banyak yang salah paham akan hal ini, mungkin dulu kita sering mendengar vitamin D banyak terdapat pada sinar matahari padahal keliru. Vitamin D merupakan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh yang membantu pembentukan dan pemeliharaan tulang bersama vitamin A dan vitamin C, Vitamin D juga membantu penyerapan kalsium dan fosfor. Vitamin D banyak terdapat di dalam susu, daging, hati, ASI [Air Susu Ibu], kuning telur, mentega.

Sinar Matahari Tidak Mengandung Vitamin D
Vitamin D yang sudah masuk dan diserap oleh tubuh lalu diproses di dalam hati kemudian disimpan di bawah jaringan kulit dalam bentuk tidak aktif, disinilah sekarang peranan sinar matahari untuk membuat vitamin D menjadi aktif. Sinar matahari [Ultra Violet] dapat mengaktifkan vitamin D jika kontak dengan kulit sekitar 10-15 menit, jadi sebenarnya sinar matahari tidak mengandung vitamin D tapi membantu pengaktifan vitamin D. Untuk itu sangat penting bagi kita untuk mendapatkan paparan sinar matahari.

Karena sinar matahari membantu dalam mengaktifkan vitamin D cenderung membuat daerah di mana jarang sekali terkena sinar matahari sering ditemukan penderita gangguan pada tulang juga defisit vitamin D. Jadi sangat bersyukur bagi kita yang berada dekat dengan garis katulistiwa selalu mendapat paparan sinar matahari. Namun, beberapa orang kadang sering menggunakan sun block secara rutin dan berlebihan untuk menjaga kulit tetap putih padahal berdampak buruk bagi kesehatan karena sinar matahari [Ultra Violet] tidak akan bisa menembus kulit untuk mengaktifkan vitamin D - Sinar Matahari Tidak Mengandung Vitamin D.

Baca juga artikel dan informasi kesehatan Mengapa Vitamin A Baik Untuk Mata.

Suka eMingko Blog?