Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Minggu, 10 April 2011

Mengapa Vitamin A Baik Untuk Mata

Mengapa Vitamin A Baik Untuk Mata - Sewaktu masih duduk di bangku Sekolah Dasar kita sering mendapat penjelasan dari Bapak/Ibu guru “jangan malas-malas makan sayur nanti bias sakit mata, karena sayur mengandung banyak Vitamin A”. Kurang lebih seperti itu kan senang, tapi di eMingko Blog saya akan membahas Vitamin A tidak hanya sekedar Vitamin yang baik untuk mata. Vitamin A adalah Vitamin larut lemak yang pertama ditemukan.
Mengapa Vitamin A Baik Untuk Mata
Mengapa Vitamin A Baik Untuk Mata

Sejarah Vitamin A
Vitamin A memiliki cerita yang sangat panjang, baru pada tahun 1932 susunan kimia Vitamin A diketahui, disebut juga retinol karena fungsi spesifiknya dalam retina mata. Banyak terdapat pada hati sapi, daun katuk, sawi, kangkung dan bayam.

Fungsi Vitamin A
Vitamin A berfungsi dalam pengelihatan normal pada cahaya remang. Retinol [Vit. A] yang didapat dari darah akan berubah menjadi retinal, setelah melalui beberapa tahap dia akan menjadi redopsin [istilahnya sulit ya tersenyum lebar]. Intinya bila ada cahaya masuk ke mata [retina] akan bisa dirubah menjadi bayangan [sesuai dengan apa yang dilihat] bila proses redopsin di atas berjalan dengan baik. Jika Vitamin A tidak cukup proses di atas akan terganggu.

Diferensiasi Sel adalah perubahan sifat dan fungsi dari sel, Vitamin A memegang peranan penting di sini termasuk pembentukan sperma dan sel telur, pembuahan, pembentukan organ tubuh, pertumbuhan dan perkembangan janin. Selain itu Vit. A juga berfungsi untuk mencegah kanker dan penyakit jantung kerena retinoid mampu mempengaruhi perkembangan sel dan meningkatkan aktivitas system kekebalan.

Akibat Kekurangan Vitamin A
Sering terjadi pada anak-anak balita. Tanda-tanda mulai tampak bila simpanan tubuh habis terpakai. Diantaranya buta senja, perubahan pada mata, perubahan kulit mata, gangguan pertumbuhan. Termasuk penurunan nafsu makan dan anemia.

Akibat Kelebihan Vitamin A
Hanya bisa terjadi bila mengkonsumsi Vitamin A sebagai suplemen dalam takaran tinggi yang berlebihan, misalnya 16.000 RE (Retinol Ekivalen µg/100 g) untuk jangka waktu yang lama atau 40.000 – 55.000 RE/hari terhipnotis. Gejala pada orang dewasa antara lain sakit kepala, rasa nek, pusing, rambut rontok, kulit mongering, sakit pada tulang. Pada bayi terjadi pembesaran kepala, dan mudah tersinggung.

Asupan Vitamin A yang ianjurkan untuk orang dewasa sekitar 700 RE, untuk balita sekitar 350 RE, sedangkan untuk ibu hamil sesuai usia ditambah 200 RE - Mengapa Vitamin A Baik Untuk Mata.
Referensi: Buku Prinsip Dasar Ilmu Gizi, Sunita Almatsier.

Jika artikel Mengapa Vitamin A Baik Untuk Mata ini bermanfaat bagi Anda klik tombol like, bagikan ke twitter dan beri +1, jangan lupa memberi komentar. Baca juga artikel dan info kesehatan lainnya.

Mengapa Vitamin A Baik Untuk Mata Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra