Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Makan Buah dan Sayur

Manfaat Makan Buah dan Sayur - Makhluk hidup membutuhkan energi untuk tetap bertahan hidup, makanan merupakan sumber energi dan setiap makan memberi energi yang berbeda-beda. Sumber energi utama khususnya manusia adalah karbohidrat, protein, dan lemak, namun untuk menopang kehidupan juga dibutuhkan zat nutrisi lainnya yang membantu sel bisa bekerja dengan baik. Zat tambahan tersebut berupa beberapa senyawa baik vitamin maupun mineral yang kadang bersumber terpisah dari karbohidrat, protein, juga lemak, sehingga kita wajib mendapatkannya di jenis makanan yang mengandung zat tambahan tersebut yaitu buah dan sayur.

Manfaat Makan Buah dan Sayur
Salah satu zat yang dibutuhkan dan tidak bisa diproduksi oleh tubuh adalah vitamin untuk itu kita haru mendapatkannya dari makanan. Jenis makan yang mengandung banyak vitamin adalah buah-buahan, vitamin C banyak terdapat pada jeruk dan buah cabe. Buah-buahan juga memiliki kandungan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh seperti kalium pada buah pisang dan cairan isotonik pada air buah kelapa yang memiliki manfaat mampu mengatasi dehidrasi. Buah juga mengandung berbagai antioksidan yang mampu menjaga tubuh tetap sehat.

Manfaat Makan Buah dan Sayur
Sayur juga memiliki banyak manfaat sehingga penting untuk dimasukkan kedalam menu makanan wajib. Kebanyakan sayur berwarna hijau memiliki kandungan kalium yang tinggi. Sayur juga memiliki kandungan serat yang baik bagi pencernaan melancarkan buang air besar, serat juga bagus bagi penderita ambeien. Beberapa sayur mengandung banyak zat besi seperti bayam, zat besi dibutuhkan oleh tubuh untuk pembetukkan sel darah merah sehingga mengcegah terjadinya anemia.

Manfaat makan buah dan sayur akan lebih terasa jika dimakan secara langsung. Saat ini banyak makanan dan minuman instan yang menawarkan kandungan buah dan sayur dengan berbagai nutrisi tambahan, namun tidak akan sebaik makan buah dan sayur secara langsung, mengkonsumsi secara langsung juga akan memberi rasa khas dimulut ketika mengunyahnya.

Yang perlu diperhatikan sebelum makan buah dan sayur adalah kebersihannya, pastikan benar-benar bersih dan sayur dimasak dengan benar karena jika terlalu matang akan mengurangi kandungan dari sayur tersebut. Beberapa buah tidak baik jika dikonsumsi terlalu banyak seperti rambutan dan durian jadi sebaiknya bagi Anda yang "kecanduan" makan durian sebaiknya dikurangi - Manfaat Makan Buah dan Sayur.
Baca juga artikel dan informasi kesehatan Mengapa Minum Kopi Membuat Kita Terjaga.

Posting Komentar untuk "Manfaat Makan Buah dan Sayur"