Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Rabu, 28 September 2011

Meningkatkan Kecepatan Loading Blog bag. 2

Meningkatkan Kecepatan Loading Blog bag. 2 - Setelah kita memahami proses download dan menampilkan sebuah halaman blog/website, sekarang waktunya praktek [sama-sama belajar] meningkatkan kecepatan loading blog senang. ooOoo ya sebelum prakek baca dulu ya, jangan baca sambil praktek ntar bingung he.., dan ingat simpan tamplate [backup] sebelum melakukan perubahan agar bisa direstore. Langsung saja....

Gambar
speed_blog


Optimalisasi Image
Optimalisasi image, yang saya maksud bukan cuma image pada postingan saja tapi secara keseluruhan. Seperti image pada template, sebisa mungkin batasi penggunaan image pada template, jika tidak memungkinkan jadikan ukuran image menjadi lebih kecil, bisa baca di Software Untuk Mengecilkan Zise Foto/Image. Jika kita menggunakan image background seperti blog ini, bisa dioptimalkan dengan repeat. Lihat BG dari blog ini klik disini, Itu ukuran asli [hanya 3.48 KB] direpeat sehingga melebar. Ini berguna untuk mengurangi proses download dibandingkan dengan menggunakan full image ukurannya bisa membengkak. Contoh repeat:


background: url("http://lh6.googleusercontent.com/-CMSqGH3lSuw/Tf1GhCoMPtI/AAAAAAAAAjo/JCizm_LiQ-g/zz.PNG") 0 0 repeat-x; ......

Atau bisa dengan CSS Image Sprite.

Penggunaan Java Script
Java script [<script type='text/javascript'>] merupakan kode yang membutuhkan watu cukup lama untuk menampilkannya, selain itu dia tidak bisa diload secara bersamaan. Untuk itu kurangi penggunaan java script jika tidak memungkinkan maka hindari menaruh java script di <head> jangan bilang siapapun. Bisa kita taruh di <body> atau bahkan di <foot>, ini akan mengurangi beban loading pertama ketika blog kita ditampilkan. eMingko Blog cukup banyak menggunakan java script [13 JS] tapi dengan tips ini loading bisa lebih baik.

Penggunaan Flash
Flash merupakan media paling berat yang harus diload oleh web browser. Sebagian besar webmaster tidak menyukai flash karena bobotnya, jadi saya sarankan kurangi atau tidak menggunakan flash.

Batasi Http Request
Http request merupakan link eksternal yang harus diload agar halaman blog bisa ditampilkan. Contohnya, jika image background kita disimpan di http://photobucket.com maka web browser harus mengakses http://photobucket.com agar image bisa diload. Semakin banyak http request makan loading blog semakin berat berkesah. Untuk mengetahui berapa jumlah http request pada blog kita klik disini, masukkan URL blog Anda lalu submit lalu masukkan kode keamanan yang muncul, maka hasilnya akan muncul. Dan ini cara mengurangi http request.

Batasi Widged
Widget pada umumnya hanya sebagai asesoris, namun ada juga yang bersifat wajib. Pasanglah widget yang hanya dibutuhkan oleh pengunjung, jika tidak itu hanya membebani loading blog.

Berat Script
Usahakan berat script tidak melebihi 100 KB, agar waktu download data dan waktu penampilan tidak berlangsung lama. Jika script kita berukuran jumbo bisa dikompres [banyak situs untuk kompres script]. Keuntungannya script kita menjadi lebih ringan dan cepat saat diload tapi, kekurangannya web browser harus mengextrat script yang dikompres tadi sehingga memperlambat waktu penampilan.

Itulah beberapa tips yang saya lalukan untuk meningkatkan loading blog. Mungkin ada yang kurang masih saya ingat-ingat dulu nanti update lagi tersenyum lebar. Sekedar info, kita bisa melihat berapa skor blog kita di mata google, untuk melihat eMingko Blog lihat disini [masih banyak kekurangan]. Jika penasaran dengan berapa skor dari blog Anda bisa baca di "Google Page Speed Test, Tes Kecepatan Blog" - Meningkatkan Kecepatan Loading Blog bag. 2.

Meningkatkan Kecepatan Loading Blog bag. 2 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra