Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Selasa, 09 Mei 2017

Penyebab Mengapa Meter PLN Diblokir Tidak Bisa Beli Token Pulsa Listrik

Penyebab Mengapa Meter PLN Diblokir Tidak Bisa Beli Token Pulsa Listrik - Akhir-akhir ini banyak masyarakat pelanggan listrik PLN khususnya pelanggaran prabayar yang biasa disebut dengan penggunaan listrik pintar mengeluhkan tidak bisa melakukan pembelian token pulsa listrik baik itu di konter pulsa maupun jaringan PPOB.

Tidak sedikit dari mereka yang mempertanyakan mengapa tidak bisa melakukan pengisian pulsa listrik PLN dan ketika diproses oleh penjual token data tidak muncul dimana biasanya tertera nama pemilik, kategori, dan daya pada meteran PLN tersebut.

Penyebab Mengapa Meter PLN Diblokir Tidak Bisa Beli Token Pulsa Listrik
Penyebab Mengapa Meter PLN Diblokir Tidak Bisa Beli Token Pulsa Listrik

Lalu pertanyaannya "Mengapa id atau nomor meter PLN tersebut diblokir sehingga tidak bisa melakukan pembelian token pulsa listrik, Apa penyebabnya?"

Dari informasi yang saya peroleh ketika menghubungi call center PLN di nomor 123 terkait nomor meter yang terblokir dan tidak bisa melakukan pembelian token pulsa kebanyakan terjadi karena adanya tunggakan pembayaran tagihan di masa lampau.

Kenapa bisa terjadi tunggakan padahal menggunakan listrik prabayar?

Mungkin pelanggan PLN prabayar masih ingat khususnya yang dulu menggunakan sistem pasca bayar kemudian melakukan migrasi menjadi prabayar ditawarkan oleh pemerintah ketika itu bahkan ada iming-iming jika dayanya dinaikkan dari 900 maupun 450 VA ke daya yang lebih tinggi seperti 1300 VA tidak akan dikenakan biaya administrasi alias gratis.

Nah... ketika masa migrasi tersebutlah terjadi miss counting oleh pihak PLN dan baru saat ini hal tersebut terungkap sehingga dijadikan tunggakan dan tagihan kepada pelajar yang sudah melakukan migrasi ke prabayar.

Jika saya perhatikan dari para Tetangga jumlah tunggakan tersebut nominalnya bervariasi mulai dari Rp7.500 sampai Rp17.000. Tidak tahu pasti bagaimana agar tersebut dikalkulasi perkiraan mungkin berdasarkan Berapa hari dulu proses migrasi dari pascabayar ke prabayar.

Jika ini merupakan miss counting atau kesalahan kalkulasi oleh pihak PLN lalu mengapa pelanggan yang menanggung beban atau ganti rugi biaya listrik tersebut?

Inilah yang masih belum saya temukan jawabannya apa lagi sebagian besar pelanggan PLN yang dulu melakukan migrasi sudah lupa bahkan tidak tahu menahu mengapa mereka harus membayar kekurangan biaya tagihan listrik terdahulu. Belum lagi beberapa di antara mereka merasa biaya tersebut cukup besar bersamaan dengan naiknya tarif listrik khususnya golongan rumah tangga daya 900 VA.

Bagaimana solusi jika nomor meter PLN terblokir dan tidak bisa beli pulsa?

Silahkan hubungi call center PLN di nomor 123 atau (kode area) 123. Jelaskan bahwa Anda tidak bisa membeli token pulsa listrik untuk PLN prabayar lalu Sebutkan ID pelanggan atau nomor PLN beserta nama lengkap pemilik meteran.

Petugas akan melakukan pengecekan pada sistem Apakah ID atau nomor meteran diblokir karena melakukan pelanggaran atau terjadi kekurangan biaya listrik sebelumnya seperti yang kita bahas di atas tadi.

Jika memang terjadi tunggakan tagihan biaya listrik yang belum terbayar anda akan diberikan nomor tagihan biasanya berjumlah 13 digit angka. Pelanggan juga diinformasikan tempat yang bisa dilakukan untuk melakukan pembayaran di antaranya kantor Pos dan mitra jaringan PPOB seperti minimarket Indomart dan Alfamart. Segera lakukan pembayaran agar Anda bisa melakukan pembelian token pulsa listrik.

Baca juga: Tarif Listrik Golongan R1M Daya 900 VA di Badung

Butuh waktu sekitar 1 jam Setelah pelanggan melakukan pembayaran untuk bisa membeli token pulsa listrik karena sistem secara online membutuhkan waktu agar terbaca oleh server bahwa pelanggan telah melunasi tunggakan.

Jadi itulah penyebab mengapa meter PLN diblokir tidak bisa beli token pulsa listrik.

Penyebab Mengapa Meter PLN Diblokir Tidak Bisa Beli Token Pulsa Listrik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra