Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mencegah Penyakit Diabetes

Tips Mencegah Penyakit Diabetes - Perjalanan penyakit kencing manis atau diabetes melitus memiliki proses yang cukup panjang karena memang banyak faktor pencetus munculnya penyakit tersebut. Sejauh ini faktor genetik dan gaya hidup masih menjadi faktor "primadona" penyebab penyakit diabetes. Karena melalui proses yang cukup panjang jadi sebenarnya penyakit ini memiliki gejala yang disebut dengan pradiabetes.

Salah satu gejala bra pradiabetes adalah mulai terlihat tingginya kandungan gula dalam darah secara konstan lebih dari 2 minggu. Gejala lainnya secara fisik biasanya belum terlihat.

Tips Mencegah Penyakit Diabetes
Olahraga Tips Mencegah Penyakit Diabetes

Namun demikian semakin cepat gejala pradiabetes diketahui maka akan lebih optimal pula proses dan tingkat kesembuhan. Tetapi akan lebih baik lagi apabila tidak sampai terjadi gejala pradiabetes, untuk itu diperlukan pencegahan dini terhadap penyakit ini.

Berikut ada beberapa tips mencegah penyakit diabetes. Dan berikut ini beberapa tipe orang yang sangat berpotensi mengalami penyakit diabetes.

  1. Orang yang secara genetik atau memiliki keturunan terserang penyakit diabetes.
  2. Ibu hamil yang melahirkan bayi bobot jumbo diatas 4 kg.
  3. Orang yang memiliki berat badan lebih dari ideal atau obesitas.
  4. Orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi dalam darah.
  5. Orang yang jarang melakukan aktivitas atau olahraga.

Tips paling sederhana untuk mencegah penyakit diabetes adalah mengatur pola makan, hindari mengkonsumsi makanan dengan kalori berlebihan seperti terlalu manis atau tinggi karbohidrat. Selain mengatur pola makan pemeriksaan laboratorium juga sangat diperlukan.

Berikut beberapa tipe orang yang sebaiknya rutin melakukan cek laboratorium untuk mengetahui kadar gula darah.

  1. Berusia diatas 40 tahun.
  2. Memiliki indeks massa tubuh diatas 24.
  3. Memiliki riwayat keturunan menderita diabetes melitus.
  4. Sering merasa lelah meskipun istirahat cukup.
  5. Sering dan banyak kencing juga lebih sering merasa lapar.

Itulah kunci tips mencegah penyakit diabetes yang pertama tidak mengkonsumsi makanan berkalori tinggi secara berlebihan dan melakukan pemeriksaan dini untuk mengetahui kadar gula dalam darah.