Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menurunkan Kadar Asam Urat Dengan Minuman Soda

Menurunkan Kadar Asam Urat Dengan Minuman Soda - banyak referensi kesehatan yang menganjurkan untuk menghindari mengkonsumsi minuman bersoda karena memiliki efek yang kurang baik bagi kesehatan tubuh. Namun di satu sisi minuman soda juga memiliki beberapa manfaat membantu menurunkan kadar asam urat. Hal ini dijelaskan oleh seorang ahli gizi dan pangan Prof Made Astawan.

Menurunkan Kadar Asam Urat Dengan Minuman Soda
Menurunkan Kadar Asam Urat Dengan Minuman Soda

Minuman soda sejatinya bersifat basa sedangkan pada penyakit kadar asam urat yang tinggi bersifat asam. Secara ilmiah apabila kedua elemen tersebut bertemu maka akan menjadi netral. Jumlah asam urat bisa menumpuk di dalam tubuh bisa terjadi karena kita terlalu banyak mengkonsumsi zat purin.

Zat purin sendiri banyak terdapat di dalam makanan baik hewani maupun nabati. Beberapa jenis makanan mengandung tinggi zat purin adalah sayur kangkung, jeroan, masakan laut, daun ketela pohon, sayur kol, termasuk daging merah.

Meskipun minuman soda mampu menurunkan kadar asam urat apabila dikonsumsi secara berlebihan juga akan memberi efek kurang baik bagi kesehatan tubuh seperti berpotensi menyebabkan kegemukan juga obesitas karena minuman bersoda mengandung banyak glukosa atau gula.

Untuk mengimbangi ketika mengkonsumsi minuman soda melakukan aktivitas fisik seperti olahraga dan rutin mengkonsumsi air putih.

Penyakit asam urat sendiri terjadi ketika zat purin yang kita konsumsi mengalami penumpukan di dalam tubuh khususnya mengendap di persendian sehingga menyebabkan peradangan pada sendi baik tangan maupun kaki. Akibatnya gejala yang muncul pada penyakit asam urat adalah peradangan pada sendi menjadi bengkak dan terasa sangat nyeri.

Menurunkan kadar asam urat selain dengan minuman soda bisa juga dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan potasium seperti pisang atau kentang. Makanan Yang Patut Dihindari Penderita Asam Urat