Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Jantung

Jenis Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Jantung - Kurangnya aktivitas fisik dan pola makan yang kurang sehat bisa menjadi penyebab penumpukan lemak di dalam tubuh. Masalah ini terjadi pada hampir sebagian besar masyarakat modern karena pola hidup sudah jauh berubah dimana seseorang dituntut untuk lebih produktif secara ekonomi sehingga mengabaikan kesehatan. Saat ini masalah kesehatan yang banyak diderita adalah penyakit stroke dan jantung.

Jenis Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Jantung
Jenis Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Jantung

Untuk penyakit jantung sendiri dengan rutin berolahraga saja belum mampu untuk menghindarinya untuk itu harus diimbangi dengan konsumsi makanan yang baik untuk kesehatan jantung.

Berikut beberapa jenis makanan yang baik untuk kesehatan jantung dan relatif mudah ditemukan baik di pasar tradisional maupun supermarket.

Daging atau minyak ikan salmon
Di dalam daging dan minyak ikan salmon terkandung banyak asam lemak omega 3 begitu juga dengan antioksidan. Asam lemak omega 3 membantu menjaga kesehatan pembuluh darah agar terhindar dari lemak jahat yang bisa menempel dan menyumbat aliran darah.

Sedangkan antioksidan membantu tubuh terhindar dari serangan antigen dengan cara memperkuat antibodi. Ini cukup penting bagi kesehatan jantung karena beberapa penyakit jantung bisa disebabkan karena infeksi atau peradangan.

Minuman teh hijau
Secara ilmiah teh hijau mengandung cukup zat bernama resveratrol dimana elemen tersebut mampu meningkatkan di dalam tubuh juga menghambat pertumbuhan sel kanker. Penggunaan teh hijau sebagai minuman obat herbal sudah lama digunakan di daerah Asia Timur.

Buah tomat
Tomat termasuk kedalam jenis makanan yang baik untuk kesehatan jantung karena didalamnya terkandung Likopen. Zat Likopen sendiri sangat membantu dalam proses regenarasi sel termasuk pada sel jantung.

Kacang merah
Seperti halnya pada minyak dan daging ikan salmon kacang merah memiliki cukup kandungan asam lemak omega 3. Ini bisa menjadi alternatif apabila asam lemak omega 3 hewani dari ikan salmon sulit didapat materi yang bersumber dari kacang merah bisa dikonsumsi sebagai nutrisi nabati.

Buah bluberi
Bluberry termasuk kedalam jenis makanan yang baik untuk kesehatan jantung karena didalamnya terkandung Resveratrol. Resveratrol memiliki peranan sebagai mencegah terjadinya masalah pada otot jantung sehingga menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung.

Itulah beberapa jenis makanan yang baik untuk kesehatan jantung. Pengertian Penyakit Jantung Koroner Adalah