Proses Terbentuknya Nanah Pada Luka

Proses Terbentuknya Nanah Pada Luka - Pada luka atau bagian tubuh yang mengalami infeksi sering kali muncul nanah, nanah umumnya berwana kuning agak pudar. Nanah terkadang juga menimbulkan bau tidak sedap, dan membuat luka nampak menakutkan tidak mau lihat. Namun bagaimana nanah ini bisa muncul, bagaimana proses terbentuknya nanah pada luka?

Nanah pada luka terbentuk karena reaksi "pertempuran" antara antibody dengan antigen. Pada luka yang diinvasi oleh antigen [bakteri, virus, jamur, atau varasit] akan direspon oleh tubuh dengan mengelurkan antibody untuk memerangi antigen tersebut bertarung. Ketika antibody dan antigen "bertempur" mereka akan menghasilkan reaksi "jasad" dari antigen dan antibody yang "tewas" saat pertempuran terjadi. Reaksi "jasad" inilah yang menjadi nanah.

Dari warna nanah biasanya bisa diketahui jenis antigen yang menginfeksi luka tersebut, warna nanah kuning agak kehijauan biasanya disebabkan oleh bakteri. Intiknya, jika terdapat nanah pada luka berarti luka tersebut mengalami infeksi. Inilah proses terbentuknya nanah pada luka - Proses Terbentuknya Nanah Pada Luka.
Baca juga artikel dan informasi kesehatan Virus Bukan Makhluk Hidup?.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Proses Terbentuknya Nanah Pada Luka"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel