Sabtu, 20 Januari 2018

Cara Buka Blokir Kartu Debit ATM Mandiri

Cara Buka Blokir Kartu Debit ATM Mandiri
Kartu Debit ATM Mandir

Karena memang sangat jarang digunakan sampai-sampai saya lupa dengan kode PIN kartu debit Bank Mandiri, tiga kali salah memasukkan PIN di mesin ATM Bank Mandiri berimbas pada pemblokiran kartu debit. Awalnya saya kira bisa buka blokir saja dengan menghubungi layanan call center Bank Mandiri nyatanya ternyata tidak.

Customer service bank Mandiri menjelaskan untuk status kartu debit terblokir karena salah memasukkan kode PIN nasabah harus datang ke kantor cabang Bank Mandiri buka blokir. Masih beruntung kejadiannya di hari kerja bukan Sabtu atau Minggu karena kantor cabang Bank Mandiri masih buka dan saya pun buru-buru ke kantor cabang terdekat.

Untuk buka blokir kartu debit atau kartu ATM Bank Mandiri bisa dilakukan di semua kantor cabang Bank Mandiri tidak diwajibkan di kantor cabang tempat buka rekening ataupun tempat pertama kali buat kartu debit. Yang terpenting bawa kelengkapan dokumen sebagai persyaratan diantaranya buku rekening tabungan, kartu identitas diri asli yang terdaftar di rekening, juga kartu debit Bank Mandiri dengan status terblokir.

Di kantor cabang Bank Mandiri saya langsung ambil nomor antrian untuk customer service antriannya tidak terlalu banyak hanya saja cuma ada seorang customer service jadi ya menunggunya cukup lama. Begitu mendapat giliran nomor antrian dipanggil saya langsung jelaskan ingin buka blokir kartu debit Mandiri. Petugas customer service menyodorkan dokumen yang harus diisi lengkap kelihatannya seperti formulir pengajuan ganti PIN dan buka blokir kartu debit Mandiri.

Prosesnya tidak terlalu lama sekitar 5 menit kemudian saya diarahkan ke bagian teller untuk langsung ganti PIN kartu debit Mandiri yang sudah dibuka blokir. Selesai proses ganti PIN dijelaskan kartu baru bisa digunakan setidaknya 1 jam setelah di aktivasi ulang. Ya baiklah saya ucapkan terima kasih dan langsung meluncur pulang ke rumah.

Dalam perjalanan kepikiran registrasi ulang di layanan internet banking Bank Mandiri karena sebelumnya juga terblokir. Dalam pikiran saya jika tadi kartu ini bisa di gesek di mesin EDC untuk ganti PIN mungkin saja bisa digunakan di mesin ATM tanpa perlu menunggu 1 jam. Begitu ketemu ATM Bank Mandiri saya coba gunakan untuk registrasi ternyata berhasil. Bagi yang masih kebingungan cara daftar di layanan bank Mandiri Internet Banking silakan baca postingan di bawah.

Baca: Cara Daftar Registrasi Internet Banking Mandiri di ATM

Sekadar informasi tambahan ketika kita buka blokir kartu debit Mandiri sekaligus ganti PIN di kantor cabang melalui mesin EDC dikenakan biaya administrasi sebesar Rp500. Ini baru saya sadari ketika cek mutasi rekening tabungan melalui internet banking Bank Mandiri yang tadi baru saya registrasi ulang. Jadi saldo di dalam rekening tabungan dipotong secara otomatis oleh sistem.

Token PIN Mandiri
Token PIN Mandiri

Saya juga kebingungan karena Mandiri Internet Banking yang sebelumnya berstatus dihapus oleh sistem Bank Mandiri namun saya masih memiliki alat transaksi Token PIN Mandiri. Apakah masih bisa digunakan atau harus mendapatkan alat baru di kantor cabang Bank Mandiri? Karena di kantor cabang tempat saya buka blokir kartu debit Mandiri tadi belum bisa melayani nasabah untuk registrasi dan pengurusan Mandiri Internet Banking termasuk Token PIN Mandiri.

Setelah tadi melakukan registrasi ulang di layanan Mandiri Internet Banking serta aktivasi di website resmi Bank Mandiri saya coba singkronkan alat transaksi Token PIN Mandiri yang terkonek dengan ID sebelumnya dan berhasil. Jadi tidak perlu repot-repot saya harus datang ke kantor cabang Bank Mandiri lagi.

Token PIN Mandiri sangat diperlukan khususnya untuk transaksi finansial seperti transfer saldo karena jika hanya terdaftar di layanan Mandiri Internet Banking tanpa memiliki alat transaksi ini maka fitur yang bisa digunakan hanyalah transaksi non finansial seperti cek saldo rekening tabungan atau cek mutasi rekening untuk melihat transaksi yang pernah dilakukan.

Jadi itulah sedikit pengalaman buka blokir kartu debit ATM Mandiri.

Cara Buka Blokir Kartu Debit ATM Mandiri Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra