Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biaya Admin Transfer ke BRI Virtual Account BRIVA

Biaya Admin Transfer ke BRI Virtual Account BRIVA
BRIVA

Saya masih ingat betul ketika masih kuliah ketika itu untuk pembayaran uang semester setiap enam bulan sekali harus datang ke kantor cabang atau loket bank yang bekerjasama dengan kampus dalam menerima pembayaran biaya perkuliahan.

Disana pun juga harus mengantri untuk mengisi formulir dengan proses bisa memakan waktu hingga 5 menit belum lagi data yang dimasukkan ternyata salah mau tidak mau harus mengambil formulir baru.

Kini teknologi semakin canggih dibarengi dengan diluncurkannya layanan e-banking oleh berbagai perusahaan perbankan dalam upaya memudahkan baik nasabah maupun non nasabah ketika ingin bertransaksi seperti yang saya sebut di atas yaitu pembayaran biaya kuliah.

Pada awal kemunculannya Internet Banking sebagai contoh milik PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dalam proses pembayaran diberikan nomor rekening BRI tujuan dan kita mesti melakukan transfer saldo ke rekening tersebut dengan jumlah tertentu sesuai nominal pembayaran yang disepakati. Hingga akhirnya diluncurkan rekening virtual atau biasa disebut BRI virtual account disingkat BRIVA.

Dari pengalaman ketika menggunakan fitur BRI virtual account saya merasakan layanan internet banking jauh semakin praktis. Saat ini BRIVA banyak dimanfaatkan oleh instansi pemerintah dan pendidikan sebagai contoh di sekolah atau kampus untuk pembayaran uang semester masing-masing mahasiswa mendapatkan satu nomor BRI virtual account sehingga setelah pembayaran dilakukan lebih mudah diverifikasi oleh sistem dibandingkan dengan menggunakan satu nomor rekening, itu artinya menambah tugas kampus untuk melakukan pengecekan satu persatu mana saja mahasiswa yang telah melakukan pembayaran.

Baca juga: Cara Daftar Internet Banking BRI

Menggunakan metode pembayaran transfer ke BRI virtual account BRIVA di internet banking BRI tidak dikenakan biaya admin tambahan alias gratis karena ini layanan masih milik Bank BRI berbeda ketika kita transfer ke nomor rekening bank lainnya atau antar bank.

Oh... Ya, saat melakukan pembayaran menggunakan metode transfer BRIVA melalui website resmi BRI Internet Banking dikenakan biaya SMS karena di kirim kode keamanan yaitu SMS mToken. Saya sarankan sebaiknya gunakan aplikasi BRI Mobile Banking karena disana hanya diperlukan password Internet Banking BRI ketika verifikasi pembayaran jadi mengurangi pengeluaran meskipun nominalnya tidak sampai Rp1.000 per SMS.

Bagi nasabah bank BRI yang kebetulan masih berstatus pelajar atau mahasiswa dimana kampus belum menggunakan fitur ini sebaiknya segera ajukan agar mempermudah sistem pembayaran biaya perkuliahan.

21 komentar untuk "Biaya Admin Transfer ke BRI Virtual Account BRIVA"

  1. Siapa transfer ke BRiVA dari Brimo ada biaya adminstrasi 2500, ini aneh sesama BRI masih harus bayar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk biaya layanan biasanya ditentukan dari tempat melakukan transaksi contohnya ketika transaksi pembayaran belanja online.

      Hapus
  2. saya tiba tiba ada potongan 50 ribu dari brimo saya, keterangannya briva, itu administrasi apa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. BRIVA artinya BRI Virtual Account mungkin ada transaksi transfer ke rekening virtual akun bisa cek di mutasi rekening.

      Hapus
  3. Saya juga ada potongan 50.000 itu briva keterangan nya,itu transaksi apa y,tolong dijawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk mengetahui detail transaksi bisa cek di mutasi rekening atau cetak rekening koran di kantor cabang Bank BRI.

      Hapus
    2. Detail apa maksudnya ? Kalopun ada keterangan cuma pihak bank yg ngerti, wong cuma kode ga ada keterangan yg bisa dimengerti nasabah.

      Hapus
  4. Kecewa byar dildi BRIVA brimo ini biaya admin nya mahal bgt 2500 malah lebih murah sms banking

    BalasHapus
  5. Saya baru ngeuhh, setahun ke belakang sy cek mutasi di BRIMO ada potongan BRIVA 50rb ..itu potongan apa ya ? Kok rutin tiap bulan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk cek detail transaksi bisa dengan cara cetak rekening koran di kantor cabang atau melalui BRI Internet Banking.

      Hapus
    2. Skalian jg sy mhn solusi, sekira tgl Juli 2021, sy tarik atm 500rb, uang tidak keluar dr mesin sampe sy tunggu 5 menit, sy cek saldo ternya berkurang sebanyak 500rb. Sy lapor diantar Satpam jg, plus bukti slip gagal transaksinya, kmudian ke CS dan kmudian diberikan tanda terima laporan dan dijanjikan penyelesaian/pengembalian uang -+ 1 minggu utk dikembalikan uang nya ke rekening sy, ternyata sd saat ini (11 Sep 2021) tidak ada pengembalian.....bgm ini, apa harus diikhlaskan hilang 500rb begitu sj tanpa ada solusi dari pihak BRI ? Bgm bila saat itu sy gagal tarik uangnya sd jutaan. Bagi kami 500rb adalah uang yg banyak, krn itu hasil kerja keras.

      Hapus
    3. Saran saya bisa kembali kunjungi kantor cabang Bank BRI untuk mendapatkan konfirmasi terkait laporan sebelumnya. Atau bisa hubungi customer service Bank BRI melalui sambungan telepon. Saya pernah mengalami hal serupa, tapi hanya butuh 3 hari kerja saldo direfund ke rekening.

      Hapus
  6. Saya juga kecewa, sudah beberapa kali ini ada potongan 50rb keterangannya juga briva, maksudnya briva ini apa? Kalaupun kita mnta cek rek koran pasti antre dan kena biaya lgi, ujung" nya ngak jelas aneh jga BRI, kurang sosialisasi tentang briva ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon penjelasan potongan 50rb tiap bulan.. BRIVA itu apa ya..

      Hapus
  7. Iya sama saya jg 50 ribu itu besar ...jng sembarang an ambil uang nasabah

    BalasHapus
  8. Jngan asal potong uang nasabah 50 rbu jg berharga pak / bu... Briva tolong jng di ulangi

    BalasHapus
  9. Saya kena potongan briva, 50.000, saya laporan k cs cabang madiun,d tlpnkan ke pusat, d kasih call CMS 0215758965 / 021758945 tetepi setelah nomor tlpn d hubungi berulang kali tdk ada jawaban sampai detik ini..mohon bantuan pihak bri, sebenernya ini potongan apa?

    BalasHapus
  10. Saya kena potongan briva 50.000 setelah saya laporan ke bri cabang madiun,d tlpnkan ke pusat, lalu d kasih nomor call cms 0215758965/0215758945 setelah saya tlpn berulang ulang kali tidak pernah d Jawab,sampai detiki ini blm tau 50rb itu potongan apa?

    BalasHapus
  11. Punya saya juga di rekening tiap awal bualn pasti ada potongan briva 50rb,itu apa ya

    BalasHapus
  12. Baca curhatan yg hampir sama terjadi pada semua nasabah potongan 50 RB, tapi kok jawabnya tidak ada yg pasti.. apakah memang ada potongan 50 RB itu sebagai biaya adminstrasi briva... Ada atau tidak ada ya

    BalasHapus
  13. Pada intinya apakah memang ada potong 50 RB untuk penggunaan briva setiap bulanya.. mohon di jawab dengan lugas

    BalasHapus