Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Senin, 19 Juni 2017

Hati-hati Penipuan Kode Verifikasi Go-Jek

Akhir-akhir ini banyak sekali kasus kriminal dengan melalui media telekomunikasi elektronik yaitu SMS dimana sebelumnya hangat diberitakan beberapa oknum memanfaatkan fitur beli voucher online metode potong pulsa untuk menjaring korban yang tidak paham dengan sistem tersebut.

Dan baru saja tepatnya kemarin saya juga mendapatkan pengalaman hampir saja tertipu dengan metode sama tetapi kali ini mengatasnamakan perusahaan aplikasi transportasi online Go-Jek.

Pada malam hari tiba-tiba ada SMS masuk yang tertera dari Go-Jek seperti pada gambar dibawah.

Hati-hati Penipuan Kode Verifikasi Go-Jek
SMS Verifikasi Go-Jek

SMS ini memang benar dari server Go-Jek dan tidak ditampilkan nomor telepon pengirim karena ini SMS resmi hanya saja jika kita tidak teliti sesuatu yang merugikan akan segera terjadi. Beberapa saat setelah SMS diterima saya tidak melakukan apapun termasuk login di aplikasi Go-Jek sampai tiba-tiba ada telepon masuk, langsung saya jawab.

Penelpon menanyakan kode verifikasi yang katanya salah kirim dari server Go-Jek dan meminta untuk mengirimkan kode yang ada di dalam SMS tersebut.

Saya jawab "Tidak ada SMS masuk hanya pesan singkat dari saudara yang belum sempat dibaca"

Penelpon kembali menyakinkan bahwa SMS dari Go-Jek pasti sudah masuk karena dia salah memasukkan nomor telepon sehingga SMS dengan nomor verifikasi tersebut saya terima.

Saya jawab "Jika memang salah memasukan nomor telepon silakan hubungi pihak Go-Jek. Apalagi saya tidak pernah melakukan order, Emangnya itu transaksi apa ya?"

Dia bilang itu adalah pesanan handphone dan pihak pemesan sedang menunggu kode verifikasi tersebut agar pengiriman paket bisa segera dilakukan untuk itu saya harus secepatnya mengirim kode verifikasi yang baru saja diterima.

Tanpa berbelit-belit sehat kembali mengatakan tidak ada SMS masuk dan memutuskan komunikasi. Selang beberapa waktu telepon masuk kembali berulang-ulang sampai 3 kali tetapi tidak saya respon.

Lalu bagaimana modus penipuan ini bekerja?

Sebenarnya ini merupakan cara penipuan sudah cukup lama memanfaatkan sistem keamanan login di internet di beberapa aplikasi salah satunya adalah aplikasi Go-Jek. Jika nomor handphone Anda teregistrasi maka itu bisa digunakan untuk masuk ke aplikasi Go-Jek.

Itu artinya orang lain pun bisa memasukkan nomor handphone anda saat login tetapi dia tidak mengetahui password untuk itu dia meminta kode verifikasi. Tentu saja kode tersebut akan dikirim ke nomor telepon anda selanjutnya penipu akan menghubungi anda dengan berbagai alasan untuk mendapatkan kode verifikasi Go-Jek tersebut. Apabila berikan maka penipu telah mengambil alih akun Go-Jek Anda.

Lalu apa keuntungannya?

Sebagian besar pengguna aplikasi Go-Jek tentu sudah tahu jika layanan transportasi online ini menyediakan fitur isi saldo atau top up saldo Go-Pay jika akun yang telah diambil alih oleh penipu memiliki saldo itulah sasaran mereka dikuras dengan cara ditransfer ke akun lainnya yang masih terkait dengan akun penipu. Ada beberapa di antaranya menjual akun yang berhasil diambil alih di internet karena sudah memiliki saldo apalagi dalam jumlah banyak.

Bagaimana cara menghindari modus penipuan ini?

Caranya sederhana jika anda menerima SMS berisi kode verifikasi Go-Jek maupun SMS sejenis dari perusahaan lainnya lalu kemudian ada yang menghubungi meminta kode verifikasi tersebut sebaiknya jangan dihiraukan. Katakan saja tidak mungkin sebuah sistem salah mengirim SMS jikapun itu terjadi seharusnya kisah memperbaiki atau memasukkan ulang nomor handphone yang benar ketika ingin login. Baca juga: Tips Aman Belanja Online Menghindari Penipuan

Jadi harap berhati-hati karena modus penipuan yang memanfaatkan kode verifikasi baik itu dari Go-Jek maupun layanan online lainnya sedang merebak.
Hati-hati Penipuan Kode Verifikasi Go-Jek Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra