Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Senin, 01 April 2013

Tips Aman Belanja Online Menghindari Penipuan

Tips Aman Belanja Online Menghindari Penipuan – Banyak alasan orang memilih belanja secara online selain lebih praktis juga tidak menyita banyak waktu cukup dengan duduk manis di depan komputer/laptop atau melalui perangkat mobile Kita bisa memilih barang/jasa yang akan dibeli. Bukan hanya praktis, belanja online juga sangat berisiko terhadap penipuan umumnya penipuan oleh pihak penjual [seller] terhadap pembeli [buyer], penipuan bisa berupa barang/jasa yang dibeli tidak sesuai atau bahkan tidak diterima oleh pihak buyer.

Tips Aman Belanja Online Menghindari Penipuan
Tips Aman Belanja Online, Suber Gambar: maukeren.com

Karena tingginya risiko terhadap penipuan ketika belanja online maka kewaspadaan patut ditingkatkan. Berikut ada tips aman belanja online menghindari penipuan dari eMingko Blog.

Kenali Penjual [Seller]

Penjual yang menawarkan sebuah produk/jasa pasti memberikan alamat dan kontak berupa nomor handphone atau email yang jelas, kenali juga akun jejaring sosial dari penjual seperti akun Facebook dan Twitter. Coba lakukan pencarian melalui mesin pencari [Google] terhadap nomor handphone, alamat, email, juga nomor rekening penjual dari sini Kita bisa melihat aktivitas penjual mungkin pernah melakukan penipuan dan memastikan data tersebut benar.

Kenali Barang/Jasa Yang Akan Dibeli

Misalkan saja Kita akan membeli sebuah handphone pastikan gambar yang ditunjukkan oleh penjual adalah photo asli bukan dari iklan di televisi atau hasil editan, minta photo lengkap dari semua sudut juga bagian dalam handphone dengan melepas battery pastikan segel tidak rusak. Perhatikan kondisi barang jika barang baru harus ada garansi resmi, jika barang bekas minta penjual menjelaskan kondisi dan kelengkapannya termasuk sisa garansi. Perlu dipertimbangkan pula akan lebih baik barang tersebut bisa dikembalikan jika tidak sesuai dengan keterangan.

Agar terhindar dari photo palsu caranya simpan photo yang ditunjukkan oleh penjual kemudian buka pencarian gambar Google http://images.google.com dan telusuri gambar/photo tersebut jika ditemukan photo yang mirip dan sama dijual ditempat lain oleh orang yang berbeda itu patut diwaspadai.

Jangan Tergiur Harga Murah

Kebanyakkan pembeli tertipu karena tergiur dengan harga barang/jasa yang lebih murah dari harga pasar, tidak tanggung-tanggung harganya bisa 50% lebih murah plus embel-embel bonus tambahan ini patut diwaspadai.

Waspai Money Laudry [Pencucian Uang]

Penipu biasanya melakukan pencucian uang tapi tidak Saya jelaskan prosesnya agar tidak disalah gunakan. Ketika Kita sudah sepakat untuk pembelian barang/jasa pihak penjual akan memberikan nomor rekening, sebelum mentransfer sebaiknya searching terlebih dulu nomor rekening tersebut di mesin pencari [Google] pastikan nomor rekening tersebut tidak milik orang lain [bukan penjual] yang juga menjual barang/jasa serupa. Satu lagi, jangan memberikan nomor kartu kredit jika diminta oleh pihak penjual ini sangat berisiko.

Utamakan Cash On Delivery [COD]

Ketika sudah sepakat untuk pembelian barang/jasa ini adalah cara pembayaran paling aman bertemu langsung dengan penjual. Kita bisa melakukan check up terhadap barang/jasa secara langsung sebelum dibeli.

Gunakan Jasa Escrow atau Rekening Bersama [Rekber]

Jika COD tidak memungkinkan akan lebih aman jika Kita menggunakan jasa Escrows atau Rekening Bersama alias Rekber daripada mentransfer langsung uang ke rekening penjual. Pastikan jasa Escrow/Rekber yang digunakan adalah yang terpercaya, karena sekarang banyak bermunculan jasa EscrowRekber gadungan.

Jangan Mengapus History Transaksi

Jika Kita sudah benar-benar deal dan telah melakukan pembayaran menunggu barang/jasa diterima dari penjual jangan menghapus nomor handphone, email, alamat penjual, nomor rekening, bukti pembayaran, percakapan vis SMS/chat dan data lainnya seperti photo dan keterangan barang/jasa yang dibeli. Bahkan ketika barang/jasa sudah diterima tetap simpan data tersebut sampai Kita benar-benar memastikan apa yang kita terima sesuai dengan yang diorder. Ini perlu dilakukan jika terjadi penipuan Kita punya data sebagai bukti untuk diserahkan ke pihak berwajib

Inilah beberapa tips yang bisa diterapkan untuk menghindari penipuan saat belanja online namun ini tidak menjamin 100% Kita akan terhindar dari penipuan tetapi sudak cukup untuk meminimalisir, semoga bermanfaat - Tips Aman Belanja Online Menghindari Penipuan.

Baca juga artikel dan informasi Cara Membuka Rekening Bank BCA Secara Online | Aplikasi.

Tips Aman Belanja Online Menghindari Penipuan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra