Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Senin, 01 Mei 2017

Lebih Murah Tarif Listrik Golongan R1 R1T R1M atau B1?

Lebih Murah Tarif Listrik Golongan R1 R1T R1M atau B1? - PT Perusahaan Listrik Negara Tbk atau yang lebih akrab disebut dengan PLN sebagai perusahaan terbesar penyuplai listrik bagi masyarakat Indonesia baik dengan sistem pasca bayar maupun prabayar memberlakukan biaya tagihan maupun tarif berbeda sesuai dengan kategori pelanggan.

Ada beberapa kategori yang ditetapkan seperti golongan sosial ditandai dengan huruf S, golongan rumah tangga R, dan golongan bisnis B.

Lebih Murah Tarif Listrik Golongan R1 R1T R1M atau B1?
Lebih Murah Tarif Listrik Golongan R1 R1T R1M atau B1?

Yang paling banyak digunakan oleh masyarakat tentu saja golongan rumah tangga R. Dari sini tidak jarang pelanggan bertanya-tanya dari 3 golongan tersebut mana yang memiliki tarif paling hemat?

Belum kita ketahui golongan rumah tanah dibagi lagi dalam beberapa kategori yaitu rumah tangga reguler atau biasa ditulis R1, listrik PLN golongan rumah tangga tidak mampu ditandai dengan R1T, dan golongan listrik PLN rumah tangga mampu ditulis R1.

Dari tiga golongan di atas tentu saja tarif listrik yang paling murah diberikan kepada rumah tangga tidak mampu R1T. Sebagai contoh pelanggan yang menggunakan daya 900 VA gol R1T ketika membeli token pulsa listrik PLN akan mendapatkan KWH lebih banyak dibandingkan dengan daya 900 VA gol R1M.

Saya sendiri adalah penggunaan listrik PLN pasca bayar daya 900 VA gol R1M sejak 3 bulan terakhir dimulai dari awal tahun 2017 terus terjadi peningkatan tarif dimana tahun 2016 rata-rata penggunaan listrik per bulan sebesar Rp85.000 dan terakhir bayar tagihan Pada bulan April 2017 jumlahnya sebesar Rp280.000. Sangat jauh sekali kenaikan tarif mencapai 300%.

Kebijakan penggolongan pelanggaran mampu dan tidak mampu baru diterapkan oleh pemerintah Indonesia sejak tahun 2017 karena disinyalir banyak masyarakat mampu mendapatkan subsidi listrik PLN sehingga dinilai tidak tepat sasaran.

Tapi pada Beberapa pelanggan pernah saya temui di mana tergolong rumah tangga mampu R1M tetapi mendapatkan jumlah KWH cukup banyak atau bisa dibilang lebih banyak dibandingkan dengan R1 biasa ketika membeli token pulsa listrik PLN prabayar.

Lebih Murah Tarif Listrik Golongan R1 R1T R1M atau B1?
Contoh Harga per KWH gol R1M Rp200.000 (Beda Wilayah Beda Tarif)

Saya belum memahami bagaimana PLN mengkalkulasi tarif listrik di atas atau harga per KWH. Bebas setiap daerah berbeda tarif ditentukan dari besaran pajak yaitu pajak penerangan dan jalan dimana setiap daerah persentasenya bervariasi.

Selalu Bagaimana jika golongan rumah tangga dibandingkan dengan golongan bisnis?

Pelanggan listrik PLN golongan bisnis biasanya ditandai dengan huruf B1 atau B2. Jika ingin masuk ke golongan bisnis pelanggan wajib menggunakan daya di atas 1300 VA yaitu mulai dari 2200 VA. Dan sesuai dengan kebijakan pemerintahan bagi pelanggan yang masuk golongan bisnis akan mendapatkan subsidi dan itu artinya tarif listrik atau harga per KWH yang didapatkan lebih murah.

Mengapa demikian? Sedikit sudah saya ulas di postingan sebelumnya silahkan baca Cara Migrasi Listrik PLN Golongan R1 ke B1 Lebih Hemat.

Jadi untuk golongan listrik rumah tangga tarif yang paling murah adalah golongan rumah tangga tidak mampu atau R1T. Tetapi jika dibandingkan dengan golongan bisnis harga per KWH lebih murah golongan bisnis.

Lebih Murah Tarif Listrik Golongan R1 R1T R1M atau B1? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra