Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Selasa, 10 Januari 2017

Apakah Kartu Badung Sehat Bisa Untuk Berobat di Rumah Sakit Sanglah?

Apakah Kartu Badung Sehat Bisa Untuk Berobat di Rumah Sakit Sanglah? - Meskipun Kartu Badung Sehat sebagai bentuk jaminan kesehatan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Badung dalam rangka memberikan asuransi kesehatan gratis bagi seluruh masyarakat Badung telah dibagikan sangat cepat namun masih banyak pertanyaan yang muncul.

Salah satunya adalah mekanisme penggunaan kartu KBS apakah bisa digunakan di rumah sakit lainnya selain Rumah Sakit Umum Daerah Badung? yang berlokasi di Desa Kapal.

Apakah Kartu Badung Sehat Bisa Untuk Berobat di Rumah Sakit Sanglah?
Apakah Kartu Badung Sehat Bisa Untuk Berobat di Rumah Sakit Sanglah?

Tidak sedikit yang menanyakan bagaimana jika kartu KBS digunakan untuk berobat di Rumah Sakit Sanglah atau Rumah Sakit Wangaya atau di rumah sakit swasta lainnya di seputar kota Denpasar juga Kabupaten Badung.

Dari keterangan petugas ketika melakukan pendataan Kartu Badung Sehat di balai Dusun atau Balai Banjar dijelaskan sementara kartu KBS hanya bisa digunakan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Badung atau Rumah Sakit Mangusada di Desa Kapal. Kedepannya bisa digunakan berobat di Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah.

Lalu bagaimana dengan Rumah Sakit lainnya termasuk klinik swasta?

Ini hanya pendapat personal, saya memperkirakan nantinya Kartu Bandung Sehat bisa digunakan berobat di rumah sakit selain RSUD Badung karena kartu KBS masih menjadi bagian dari Kartu Indonesia sehat yang masuk ke dalam BPJS Kesehatan hanya saja seluruh biayanya ditanggung oleh pemerintah daerah Kabupaten Badung.

Buktinya nomor KBS - KIS sama seperti nomor BPJS Kesehatan ketika saya melakukan registrasi di aplikasi BPJS Kesehatan untuk smartphone hasilnya sukses dan bisa login untuk mengakses semua fitur dan layanan pada aplikasi tersebut. Hanya saja memang layanan kesehatan yang nantinya didapatkan adalah fasilitas kelas 3 untuk rawat inap. [Baca: Cara Registrasi BPJS Kesehatan Dengan Kartu Bandung Sehat]

Untuk bisa mendapatkan pelayanan dan fasilitas gratis peserta atau masyarakat yang ingin berobat ke rumah sakit wajib membawa dan menunjukkan Kartu Badung Sehat.

Jadi ke depannya tentu kita semua berharap kartu KBS ini bisa digunakan untuk berobat tidak hanya di Rumah Sakit Umum Daerah Badung tetapi juga rumah sakit lainnya seperti Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah termasuk klinik swasta yang telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan tentunya.

Apakah Kartu Badung Sehat Bisa Untuk Berobat di Rumah Sakit Sanglah? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra