Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Jumat, 13 Mei 2016

Cara Transfer File Dari Komputer ke Handphone

Cara Transfer File Dari Komputer ke Handphone - Jaman sekarang siapa sih yang masih mau lelet-leletan? Semua orang ingin serba cepat apapun situasi dan kondisinya yang penting cepat selesai dan cepat didapat itulah tipikal masyarakat kekinian hehehe...!

Apalagi urusan mengirim berkas dari satu perangkat ke perangkat lainnya kita sebut saja komputer yang memang saat ini mulai redup tergantikan oleh smartphone namun tetap saja dibutuhkan untuk pekerjaan kantor karena pengoperasiannya tidak menggunakan baterai jadi tidak perlu repot-repot melakukan charging seperti laptop maupun ponsel pintar.

Cara Transfer File Dari Komputer ke Handphone
Cara Transfer File Dari Komputer ke Handphone

Saya sendiri lebih sering menggunakan komputer atau PC untuk aktivitas sehari-hari bersamaan dengan smartphone hanya saja frekuensinya lebih sering ke komputer.

Karena kedua perangkat saling berbeda sistem operasi dan metode penggunaan sebelumnya untuk transfer file atau data memilih metode konvensional yaitu penggunaan kabel data USB disambungkan dari perangkat komputer ke smartphone. Di sini saya menggunakan smartphone dengan sistem operasi Android, maklumlah tidak punya banyak uang untuk beli iPhone hahaha...!

Karena cukup ribet menyambungkan kedua perangkat ini dengan kabel USB akhirnya beralih menggunakan koneksi Bluetooth. Saya membeli sebuah tool bluetooth eksternal yang ditancapkan pada komputer harganya kalau tidak salah sekitar Rp50.000.

Cara Transfer File Dari Komputer ke Handphone
Bluetooth Eksternal

Transfer file menjadi sedikit lebih mudah hanya saja Kemudian masalahnya sesuai paragraf pertama transfer data sangat lambat apalagi ukurannya jumbo bisa menunggu berjam-jam. Kurang sabar menunggu akhirnya saya beralih transfer file menggunakan wifi.

Kebetulan komputer sudah memiliki dongle WiFi eksternal untuk koneksi internet jadi tinggal download aplikasi yang kompatibel dengan sistem operasi Windows 10 serta Android di smartphone. Sempat mencoba beberapa aplikasi akhirnya satu yang benar-benar praktis digunakan hanya saja untuk penggunaannya diperlukan registrasi tetapi caranya tidak lebih sulit dibanding registrasi Facebook hehehe...!

Aplikasi yang saya gunakan adalah AirDroid bisa download di website resmi untuk Windows 10 maupun toko aplikasi Android Play Store.

Cara transfer file dari komputer ke handphone atau smartphone Android menggunakan aplikasi Android cukup gampang tinggal buka aplikasi di komputer dan juga aplikasi di smartphone lalu tinggal kirim file seperti berkirim pesan chatting. Namun untuk mempermudah kita perlu registrasi terlebih dahulu menggunakan alamat email.

Kecepatan transfer file menggunakan wifi juga jauh lebih cepat untuk ukuran file 1 MB tidak lebih dari 2 detik saja. Bandingkan ketika saya masih menggunakan koneksi Bluetooth waktu tunggu bisa mencapai 10 detik.

Cara Transfer File Dari Komputer ke Handphone
Tampilan Transfer File AirDroid Di Smartphone Android

Sebenarnya aplikasi untuk memudahkan transfer file dari komputer ke handphone ada banyak Anda bisa Googling dan menemukan mana yang kiranya sesuai dan nyaman digunakan.

Sekarang saya tidak perlu lagi berdampingan dengan kabel datanya USB setiap kali ingin melakukan transfer file atau data baik dari komputer ke smartphone maupun sebaliknya karena hanya dengan mengaktifkan koneksi Wifi dan aplikasi di masing-masing perangkat kirim kirim file jadi lebih mudah dan cepat.

Jadi apakah anda tertarik pengguna cara transfer file dari komputer ke ponsel atau sebaliknya yang telah saya gunakan di atas? Silahkan dicoba!

Cara Transfer File Dari Komputer ke Handphone Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra