Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Rabu, 23 September 2015

Fungsi Dari Organ Hati Atau Hepar/Liver

Fungsi Dari Organ Hati Atau Hepar/Liver - Letaknya berada tepat di bawah diafragma dan merupakan salah satu kelenjar terbesar di dalam tubuh manusia dialah organ hati dalam bahasa medis disebut dengan hepar atau liver. Posisi tepatnya berada di sebelah kanan dari lambung dan diatas ginjal kanan. Secara anatomi organ hati terdiri dari dua lobus dan memiliki saluran menunjukan usus 12 jari.

Organ hati memiliki fungsi utama sebagai pabrik terbesar di dalam tubuh dimana dia memproduksi banyak sekali zat kimia yang nantinya akan digunakan dalam proses metabolisme.

Fungsi Dari Organ Hati Atau Hepar/Liver
Fungsi Dari Organ Hati Atau Hepar/Liver

Salah satu zat yang diproduksi oleh organ hati adalah cairan empedu. Cairan empedu setelah diproduksi oleh hati dalam situasi normal disimpan di dalam kantung empedu tepat di bawah hati dan menempel di sisi bagian bawah.

Selain memproduksi cairan empedu fungsi organ hati juga menjadi tempat metabolisme karbohidrat dan lemak. Karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh bersumber dari nasi maupun makanan pokok lainnya di dalam hati atau hepar diubah menjadi glukosa atau gula yang nantinya digunakan sebagai bahan baku energi.

Sel darah merah eritrosit awalnya juga mengalami pembentukan di dalam organ hati. Dimana sel darah merah atau hemoglobin yang telah memasuki masa akhir sekitar 90 hari akan di daur ulang di dalam hati selanjutnya akan diproses kembali menjadi cikal bakal sel darah merah yang baru.

Fungsi dari organ hati lainnya adalah memproduksi hormon sgot dan sgpt yang biasanya dijadikan acuan adanya gangguan kesehatan pada organ hati itu sendiri. Jika organ hati mengalami peradangan atau pada penyakit hepatitis hormon sgot dan sgpt secara signifikan akan mengalami peningkatan.

Organ hati juga dikenal sebagai organ yang memproduksi antitoksin atau penawar racun karena memang semua zat yang berbahaya bagi tubuh akan dieliminasi setelah diproses oleh hepar atau hati.

Organ hati menerima aliran darah dari vena yang sebelumnya mengalir ke bagian saluran pencernaan. Sehingga tegalan gizi dan nutrisi dari makanan yang telah diserap oleh saluran pencernaan langsung menuju ke organ hati. [Baca juga: Penyebab Penyakit Hepatitis Atau Infeksi Liver]

Jadi hati merupakan organ tubuh yang sangat pintar fungsinya. Dengan kemampuan yang luar biasa bahkan organ hati mampu bertahan bekerja sebagaimana mestinya 80 persen mengalami masalah atau gangguan kesehatan seperti penyakit hepatitis atau hepatomegali.

Untuk mencegah terjadinya gangguan masalah kesehatan organ hati kita perlu meningkatkan perilaku hidup sehat mulai dari menghindari merokok dan tidak mengkonsumsi minuman beralkohol.

Itulah beberapa fungsi dari organ hati.

Fungsi Dari Organ Hati Atau Hepar/Liver Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra