Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Selasa, 11 Agustus 2015

Penyebab Ngorok Saat Tidur

Penyebab Ngorok Saat Tidur - Mungkin tidak banyak orang menyadari bahwa sebenarnya istirahat tidur merupakan kebutuhan fisiologis paling dasar dari kehidupan manusia. Tidur sama pentingnya dengan kebutuhan lainnya seperti makan minum dan juga oksigen. Ini juga yang melatarbelakangi mengapa setiap orang mengharapkan bisa tidur dengan nyenyak tentu saja untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik.

Untuk menilai kualitas tidur banyak poin yang bisa dijadikan acuan mulai dari lamanya waktu tidur sampai dengan adanya mimpi atau tidak. Mimpi yang indah bukan berarti tidur nyenyak karena tidur berkualitas itu malah tidak mengalami mimpi karena frekuensi otak tidak mengalami gelombang terlalu tinggi.

Penyebab Ngorok Saat Tidur
Penyebab Ngorok Saat Tidur

Bahkan aktivitas mengorok juga bisa menjadi indikasi bahwa tidur seseorang sedang nyenyak. Meskipun efek samping dari mengorok kurang baik.

Selalu muncul pertanyaan apa penyebab ngorok saat tidur?

Aktivitas mengorok ketika sedang tidur terjadi karena ketika seseorang tidur dengan posisi terlentang lidah jatuh ke bagian belakang rongga mulut sehingga menutupi jalan napas dari paru paru menuju ke mulut.

Posisi lidah yang menyumbat saluran pernapasan berusaha ditekan oleh udara yang akan keluar dari paru paru sehingga membuat kentang. Karena terjadi begitu cepat pergerakan lidah menimbulkan suara yaitu suara ngorok.

Efek samping dari mengorok saat tidur selain mengganggu kenyamanan orang di sekitar ngorok saat tidur berpotensi mengganggu kesehatan tepatnya pemenuhan kebutuhan oksigen bagi tubuh.

Seperti yang kita ketahui sebelumnya dimana beli dah menutupi sebagian dari jalan nafas sehingga pertukaran oksigen dan karbondioksida secara langsung akan terpengaruh oleh kondisi tersebut. Ini juga yang bisa mengakibatkan terjadinya henti nafas sesaat apabila posisi lidah benar benar menghambat saluran pernapasan.

Cara untuk mencegah mengorok saat tidur adalah dengan mengubah posisi tidur terlentang ke posisi miring. Dengan begitu lidah tidak akan jatuh ke belakang menutupi saluran pernafasan.

Jadi itulah penyebab ngorok saat tidur yang dikenal juga dengan istilah mendengkur.

Penyebab Ngorok Saat Tidur Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra