Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Kamis, 27 Agustus 2015

Apakah Wajib Minum 8 Gelas Air Perhari?

Apakah Wajib Minum 8 Gelas Air Perhari? - Air merupakan elemen paling penting dalam kehidupan, tentu saja itu bisa kita lihat dari dominasi volume air di dalam tubuh manusia yang jumlahnya bisa mencapai 75 persen dari berat badan seseorang. Kehidupan tidak bisa terjadi tanpa adanya air, tentu inilah alasan utama mengapa kita perlu menjaga kebutuhan cairan tubuh setiap harinya agar tidak mengalami dehidrasi.

Apakah Wajib Minum 8 Gelas Air Perhari?
Apakah Wajib Minum 8 Gelas Air Perhari?

Informasi yang banyak beredar di masyarakat terkait konsumsi air dalam sehari populer adalah minum 8 gelas air dalam sehari. Namun apakah metode atau takaran tersebut sudah tepat?

Sebenarnya aturan kesehatan tersebut hanyalah sebuah mitos atau bisa dikatakan kurang tepat karena kebutuhan cairan masing masing individu itu berbeda dan juga takaran setiap gelas untuk bisa menampung air juga berbeda-beda.

Jika dilihat kebutuhan cairan pada orang dewasa normal untuk laki-laki sekitar 2,5 liter sedangkan pada wanita sekitar 2 liter air dalam sehari. Dan yang perlu kita ketahui bahwa air didapat tidak hanya melalui minum tetapi juga makanan dan buah-buahan.

Jadi dari sana bisa kita simpulkan untuk mendapatkan pemenuhan kebutuhan cairan bagi tubuh tidak 100% melalui air minum dan sudah tentu aturan minum 8 gelas air setiap hari itu kurang tepat.

Namun pada situasi tertentu seperti ketika melakukan aktivitas fisik lebih berat contohnya olahraga itu membutuhkan asupan cairan lebih banyak dibandingkan kebutuhan normal sehingga dianjurkan mengkonsumsi lebih banyak air. Jika tidak yang terjadi adalah kekurangan cairan atau dehidrasi.

Lalu Bagaimana cara kita mengetahui apakah tubuh sedang mengalami dehidrasi atau tidak? Caranya cukup mudah yaitu dengan melihat gejala gejala dini dehidrasi yang paling mudah adalah merasa haus, penurunan konsentrasi, air kencing lebih keruh dan berwarna kekuningan, serta penurunan elastisitas kulit. [Baca juga: Minum Air Tidak Membunuh Virus]

Jadi itulah sekilas informasi terkait kebutuhan cairan bagi tubuh agar kita tidak salah kaprah mengaplikasikan aturan yang berlaku bagi kesehatan khususnya cairan tubuh.

Apakah Wajib Minum 8 Gelas Air Perhari? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra