Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Kamis, 21 Mei 2015

Tingkatan Nyeri Sendi Yang Perlu Diketahui

Tingkatan Nyeri Sendi Yang Perlu Diketahui - Biasanya timbulnya rasa nyeri di beberapa bagian tubuh tanda akan adanya gangguan secara fisiologis dan fungsional dari organ atau jaringan tertentu, tidak terkecuali pada area persendian. Daerah persendian sangat rentan sekali mengalami nyeri baik karena efek dari penyakit maupun karena trauma seperti benturan.

Untuk mendapatkan tindakan yang tepat mengatasi nyeri sendi baik pada jari haruslah melalui anamnesa pemeriksaan untuk bisa memastikan tingkatan nyeri sendi.

Tingkatan Nyeri Sendi Yang Perlu Diketahui
Tingkatan Nyeri Sendi Yang Perlu Diketahui

Berikut 3 level atau tingkatan nyeri sendi yang perlu diketahui:

Nyeri sendi level 1
Diawali dengan munculnya nyeri pada persendian dengan skala ringan. Umumnya nyeri akan muncul apabila digunakan untuk melakukan aktivitas sedikit lebih diatas normal seperti contohnya mengangkat benda dan nyeri pun tidak bersifat permainan, hilang dengan sendirinya begitu tubuh berhenti beraktivitas.

Nyeri sendi level 2
Pada level ini nyeri sendi juga muncul ketika tubuh di gunakan beraktifitas seperti mengangkat benda berat namun yang membedakan dari level 1 adalah nyeri menetap dan sulit untuk dihilangkan meskipun dalam jangka waktu yang cukup lama. Nyeri jenis ini biasanya bisa ditangani hanya dengan pemberian obat obatan anti nyeri dan perlu dilakukan tindakan operasi.

Nyeri sendi level 3
Pada situasi ini nyeri yang terasa pada sendi bisa muncul meskipun kita tidak sedang melakukan aktivitas fisik apalagi mengangkat beban berat. Untuk penanganannya selain dengan pemberian obat obatan dan dilakukan fisioterapi agar tidak terjadi perancangan lebih lanjut pada persendian, dalam situasi tertentu juga bisa dilakukan tindakan operasi.

Nyeri sendi level 4
Ini adalah situasi dimana tingkat nyeri sendi yang amat parah disertai dengan adanya pembengkakan pada area persendian. Selain itu sendiri juga menjadi sangat kaku membuatnya sangat sulit untuk digunakan. Keadaan seperti ini mewajibkan pasien yang mengalami nyeri sendi harus naik ke meja operasi.

Secara umum ada banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan terjadinya nyeri pada persendian dengan tingkatan yang berbeda beda.

Salah satu penyakit yang paling banyak menimbulkan rasa nyeri adalah penyakit arthritis rheumatoid. Selain rasa nyeri juga akan muncul pembengkakan atau peradangan pada sendi disertai dengan kekakuan. Penyakit ini umumnya menyerang individu dengan usia rata rata diatas 40 tahun.

Jadi sangat penting bagi kita semua untuk mengetahui tingkatan nyeri sendi agar memahami tindakan yang akan dilakukan. Sedangkan untuk pencegahan terjadinya nyeri sendi meningkatkan konsumsi vitamin d dan kalsium, rutin melakukan aktivitas dan juga olahraga seperti jalan pagi, menjaga asupan gizi dan nutrisi termasuk cairan tubuh jangan sampai mengalami dehidrasi.

Tingkatan Nyeri Sendi Yang Perlu Diketahui Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra