Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Jumat, 08 Mei 2015

5 Faktor Penyebab Vertigo

5 Faktor Penyebab Vertigo - Istilah vertigo dari bahasa latin yaitu vertere yang artinya pergerakan badan atau kepala berputar kemudian dalam istilah medis diartikan gejala nyeri kepala yang berputar putar sehingga menyebabkan perasaan kurang nyaman dan bahkan tidak hanya terasa pusing tetapi juga seolah-olah benda yang ada di sekitar kita ikut berputar.

Penyakit vertigo cukup sering terjadi di masyarakat dan bisa menyerang di segala usia mulai dari anak-anak hingga orang dewasa termasuk usia lanjut.

5 Faktor Penyebab Vertigo
5 Faktor Penyebab Vertigo

Etiologi dari penyakit ini ada bermacam-macam, berikut 5 faktor penyebab vertigo.

Faktor lingkungan
Faktor lingkungan menjadi penyebab vertigo dengan angka kejadian ini cukup tinggi salah satunya adalah situasi kondisi lingkungan yang sangat bising, atau seseorang yang mengalami mabuk perjalanan.

Faktor obat-obatan
Penggunaan jenis obat tertentu bisa menyebabkan timbulnya penyakit vertigo salah satu jenis obat yang bisa memicu terjadinya penyakit vertigo adalah jenis obat gentamicin. Dan selain obat-obatan konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan juga bisa menjadi faktor penyebab vertigo.

Faktor vaskuler
Vasculer artinya sistem peredaran atau sirkulasi darah melalui jalur pembuluh darah. Karena penyakit vertigo lebih berfokus pada gangguan kesehatan bagian saraf pusat atau otak jadi tentu saja terjadi masalah sirkulasi di bagian sistem saraf pusat.

Biasanya mengalami penurunan suplai oksigen sehingga mengakibatkan proses metabolisme di jaringan otak karena memang oksigen salah satu elemen penting dari proses katabolisme yaitu pemecahan sumber kalori menjadi energi.

Faktor neorologis
Penyebab vertigo lainnya juga bisa berawal dari masalah neurologis atau gangguan pada saraf itu sendiri sebagai contoh adanya tumor pada jaringan otak atau penyakit epilepsi. Disamping itu infeksi seperti meningitis radang selaput otak juga penyakit migrain bisa menjadi pencetus terjadinya vertigo.

Gangguan kesehatan pembuluh darah pada organ otak seperti arteriosklerosis, hipertensi cranium, peningkatan tekanan intrakranial, anemia atau kurang darah juga bisa menjadi faktor penyebab vertigo.

Faktor lainnya
Selain karena faktor faktor diatas penyebab penyakit vertigo juga bisa seperti gangguan kesehatan pada telinga seperti infeksi telinga dimana kuman atau bakterinya bisa menjalar ke area sistem saraf pusat atau otak.

Secara umum penyakit vertigo dikelompokkan menjadi dua tipe yaitu vertigo proksimal artinya serangan vertigo yang terjadi secara mendadak dan dengan tingkat nyeri juga rasa pusing di kepala terasa lebih berat. Yang kedua adalah vertigo kronis dimana terjadi tanda dan gejala vertigo yang berlangsung dalam rentang waktu cukup lama.

Itulah 5 faktor penyebab vertigo yang perlu kita ketahui. Semoga bisa menjadi referensi tarif untuk mencegah maupun penanganan penyakit vertigo.

5 Faktor Penyebab Vertigo Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra