Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Minggu, 12 April 2015

Penyebab Penyakit Meningitis Radang Selaput Otak

Penyebab Penyakit Meningitis Radang Selaput Otak - Jaringan otak terdiri dari beberapa bagian mulai dari bagian depan yaitu otak besar disebut cerebrum dan bagian belakang disebut otak kecil atau cerebellum. Terdapat juga batang otak pada spinal juga bantalan otak yang disebut spon. Jaringan otak pada bagian luar juga memiliki lapisan yang terdiri dari tiga lapis yaitu durameter, archnoid, dan pia meter. Lapisan otak ini biasa disebut dengan selaput otak inilah pada situasi tertentu bisa mengalami infeksi yang umum disebut dengan penyakit meningitis radang selaput otak.

Penyebab Penyakit Meningitis Radang Selaput Otak
Penyebab Penyakit Meningitis Radang Selaput Otak

Penyakit meningitis radang selaput otak memiliki tingkat mobilitas atau tingkat keparahan sakit yang cukup tinggi. Penderita meningitis cenderung mengalami gangguan kesadaran.

Berikut beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab penyakit meningitis radang selaput otak.

Meningitis bakteri
Penyakit meningitis radang selaput otak yang disebabkan oleh bakteri umumnya terjadi pada lingkungan dengan suhu rendah dan metode penyebaran melalui udara yaitu infeksi di saluran pernafasan. Ada dua jenis bakteri mengakibatkan terjadinya infeksi meningitis yaitu bakteri streptokokus pneumonia dan juga bakteri neisseria meningitis.

Faktor yang mempermudah penyebaran bakteri meningitis ini adalah tingginya kepadatan jumlah penduduk pada suatu tempat dalam jangkauan luas MAUPUN pada lingkup kecil seperti tempat penampungan, pengungsian bencana alam atau musibah alam, penjara, juga asrama tempat berkumpulnya beberapa orang dalam rentang waktu yang cukup lama dan tidak terlalu banyak mendapat paparan sinar matahari langsung.

Bakteri penyebab penyakit meningitis radang selaput otak yang masuk melalui saluran pernafasan Dan melakukan invasi mulai dari paru-paru masuk ke peredaran darah kemudian infeksi lapisan otak sehingga menyebabkan meningitis radang selaput otak.

Meningitis virus
Virus yang bertanggung jawab dan berpotensi menyebabkan infeksi meningitis adalah virus yang berasal dari infeksi primer yang sebelumnya telah menyerah sistem atau bagian tubuh lainnya. Seperti contohnya kepada orang yang telah terinfeksi virus herpes, infeksi saluran pernafasan, juga virus campak termasuk infeksi bakteri tetanus bisa mengalami penyebaran ke area otak melalui pembuluh darah selanjutnya melakukan invasi di jaringan selaput otak.

Meningitis jamur
Penyakit meningitis yang disebabkan oleh infeksi jamur biasa disebut dengan meningitis cryptococcal dimana pada lapisan otak mulai tumbuh jamur akhirnya melakukan infeksi. Penyakit meningitis karena jamur biasanya mudah terjadi pada penderita penyakit hiv dimana telah muncul berbagai gejala atau AIDS.

Trauma kepala
Terjadinya benturan pada area kepala dan walaupun itu hanya terlihat di bagian luar yaitu kulit dan tengkorak kepala namun bisa saja terjadi robekan dinding selaput otak yang nantinya sangat berpotensi menjadi penyebab penyakit meningitis kuman bakteri dan virus bisa berkembang biak.

Penyakit meningitis radang selaput otak memiliki gejala klinis terjadi peningkatan tekanan intrakranial atau istilahnya peningkatan tekan TIK. Situasi ini akan mengganggu sistem kerja dari organ otak khususnya sistem saraf pusat hasilnya adalah penurunan kesadaran. Dibarengi dengan peningkatan tekanan intrakranial potensi terjadinya hidrosefalus atau penumpukan cairan di dalam rongga OTAK juga akan semakin meningkat.

Gejala lain dari penyakit meningitis radang selaput otak adalah tingginya suhu tubuh yang tidak terkontrol dan harus mendapatkan penanganan medis berupa obat-obatan untuk menurunkannya.

Itulah beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab penyakit meningitis radang selaput otak.

Penyebab Penyakit Meningitis Radang Selaput Otak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra