Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Kamis, 09 April 2015

Penyebab Penyakit Hipertensi Tekanan Darah Tinggi

Penyebab Penyakit Hipertensi Tekanan Darah Tinggi - Fungsi utama dari jantung adalah memompa darah ke seluruh tubuh, dia sering kali dijuluki organ pekerja berat karena memang secara sistematis terus aktif memompa darah 24 jam dalam sehari. Aktivitas denyut jantung ketika memompa darah memiliki kekuatan tekanan yang bisa kita ukur biasanya menggunakan skala satuan mmHg. Pada orang dewasa normal tekanan darah rata-rata 120/90 mmHg, namun pada situasi tertentu bisa mengalami peningkatan hingga batas normal keadaan ini sering disebut dengan penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Penyebab Penyakit Hipertensi Tekanan Darah Tinggi
Penyebab Penyakit Hipertensi Tekanan Darah Tinggi

Pada penderita penyakit hipertensi tekanan darah tinggi kekuatan pompa jantung bisa mencapai di atas 160/120 mmHg bahkan pada kasus yang lebih berat bisa jauh melebihi angka 200/170 mmHg.

Penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa terjadi karena beberapa faktor. Berikut beberapa faktor penyebab penyakit hipertensi tekanan darah tinggi.

Faktor internal
Kebanyakan dari faktor internal merupakan penyebab yang tidak dapat kita ubah dalam artian bersifat bawaan. Contoh penyebab hipertensi tekanan darah tinggi dari faktor internal diantaranya:

Usia atau umur
Kecenderungan usia diatas 50 tahun sangat rentan menderita penyakit hipertensi tekanan darah tinggi. Mungkin ini berkaitan dengan proses degenerasi pada sel tubuh sehingga membuat bekerja lebih berat salah satunya adalah organ jantung.

Jenis kelamin
Kaum wanita juga lebih berpotensi mengalami penyakit tekanan darah tinggi khususnya saat menopause. Ketika seorang wanita sudah memasuki menopause akan terjadi perubahan hormon yaitu penurunan produksi hormon estrogen. Hormon estrogen memiliki banyak manfaat diantaranya membantu mengoptimalkan penyerapan kalsium juga dalam metabolisme tubuh serta mengontrol irama jantung dan tekanan darah. Apabila terjadi penurunan hormon estrogen makalah potensi yang bisa terjadi adalah meningkatnya tekanan darah atau penyakit hipertensi.

Stres atau depresi
Meningkatnya aktivitas kerja psikologis seseorang akan berdampak pada metabolisme secara langsung situasi ini akan memacu jantung untuk kerja lebih berat memompa darah ke seluruh tubuh terus masuk juga ke jaringan otak. Apabila keadaan seperti ini berlangsung lama maka akan bisa menjadi penyebab penyakit hipertensi tekanan darah tinggi.

Penyakit tertentu
Adanya indikasi beberapa penyakit di dalam tubuh juga bisa menjadi penyebab penyakit hipertensi tekanan darah tinggi. Salah satunya adalah penyakit arteriosklerosis juga kadar kolesterol jahat dalam darah. Penyakit ini menyebabkan jantung kesulitan mengalirkan darah ke seluruh tubuh karena saluran menjadi sempit dan tidak elastis. Untuk mengatasinya jantung akan terus meningkatkan tekanan sehingga lambat laun terjadilah penyakit hipertensi tekanan darah tinggi.

Faktor eksternal
Terjadinya penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi juga bisa dipicu oleh faktor eksternal diantaranya:

Makanan dan minuman
Kecenderungan saat ini makanan dan minuman kurang baik bagi kesehatan tubuh. Jenis makanan dan minuman yang bisa menjadi penyebab penyakit hipertensi tekanan darah tinggi diantaranya tinggi kandungan garam, tinggi kandungan lemak kolesterol. Apabila di dalam tubuh khususnya aliran darah memiliki tinggi kandungan garam atau natrium maka akan memacu peningkatan tekanan darah, terjadi karena semakin banyak cairan yang diserap masuk ke pembuluh darah.

Aktivitas fisik dan lingkungan
Disaat tubuh kita atm bergerak maka secara otomatis sistem akan meningkatkan kinerja beberapa organ termasuk organ jantung. Ketika kita mengalami peningkatan aktivitas fisik di lingkungan yang memiliki kadar oksigen tipis tentu akan membuat kinerja jantung lebih berat. Jumlah darah yang dipompa banyak namun kandungan oksigen yang ada di dalamnya tidak mencukupi untuk metabolisme setiap sel membuat jantung harus bekerja lebih berat. Keadaan ini terus di kompensasi oleh jantung dengan meningkatkan tekanan pompa darah, apabila situasi ini berlangsung lama makan berpotensi mengakibatkan penyakit hipertensi.

Itulah beberapa faktor penyebab penyakit hipertensi tekanan darah tinggi.

Penyebab Penyakit Hipertensi Tekanan Darah Tinggi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra