Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makanan Pedas Bisa Menyebabkan Wasir

Makanan Pedas Bisa Menyebabkan Wasir - Penyakit asir yang dalam bahasa medis disebut dengan hemoroid adalah gangguan kesehatan saluran pencernaan dimana terjadi pembengkakan pembuluh darah khususnya di area anus atau rektum. Gejala awal penyakit wasir biasanya muncul rasa nyeri ketika buang air besar juga saat duduk di tempat yang keras. Pada kasus yang lebih berat bisa sampai terjadi pendarahan saat BAB.

Makanan Pedas Bisa Menyebabkan Wasir
Makanan Pedas Bisa Menyebabkan Wasir

Keberadaan pembuluh darah di area anus atau rektum berfungsi sebagai katup agar kotoran yang ada di dalam usus besar tidak mudah keluar. Lalu bagaimana makanan pedas bisa menyebabkan wasir?

Ketika kita mengkonsumsi makanan dengan cita rasa pedas begitu dia diproses di dalam usus dan saat berada di area usus besar sangat berpotensi mengiritasi lapisan mukosa dari saluran usus termasuk rektum. Pada saat bersamaan pembuluh darah yang ada di area rektum juga akan mengalami iritasi dan membengkak.

Situasi ini menjadikan saluran pencernaan khususnya rektum menjadi lebih sulit dilalui oleh kotoran, keadaan inilah disebut dengan hemoroid atau wasir biasa juga disebut ambeien. Jika seseorang yang mengalami wasir terus memaksa untuk mengeluarkan kotoran disinilah akan terjadi ruptur pada pembuluh darah menyebabkan kotoran bercampur darah.

Jika peradangan pada area rektum juga pembuluh darah yang ada di dalamnya berlangsung lama dan tidak segera ditangani akan menimbulkan benjolan yang semakin membuat saluran rektum menjadi sangat sempit.

Selain karena terlalu sering mengkonsumsi makanan pedas kurangnya konsumsi serat juga bisa menyebabkan penyakit wasir. Serat sangat bermanfaat sbagi aluran pencernaan karena berfungsi dalam mengatur tingkat intensitas kotoran sehingga tidak terlalu keras. Kotoran sisa makanan yang akan dibuang dalam bentuk feses jika terlalu keras berpotensi menyebabkan iritasi pada rektum atau anus.

Biasanya juga wasir yang disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas akan mengalami jari yang lebih berat. Jadi bagi Anda yang hobi mengkonsumsi makanan juga minuman pedas sebaiknya mulai saat ini dikurangi.

Itulah bagaimana makanan pedas bisa menyebabkan wasir.