Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Jumat, 10 April 2015

Penyebab Penyakit Gastritis Atau Maag

Penyebab Penyakit Gastritis Atau Maag - Istilah gastritis ditujukan bagi organ pencernaan khususnya lambung yang mengalami iritasi maupun peradangan. Jaringan lambung terletak tepat di bawah diafragma di sebelah sisi kiri dari organ hepar atau hati di bawah paru-paru. Fungsi utama dari lambung adalah memproses makanan menjadikannya dalam bentuk lebih lunak [bolus] sehingga nanti ketika masuk ke dalam usus menjadi lebih mudah untuk penyerapan gizi dan nutrisi yang ada di dalamnya termasuk cairan dan elektrolit.

Penyebab Penyakit Gastritis Atau Maag
Penyebab Penyakit Gastritis Atau Maag

Makanan yang kita konsumsi masuk ke dalam lambung melalui saluran oesophagus yang ada di atasnya dalam bahasa indonesia biasa disebut kerongkongan setelah diproses di dalam makanan akan diteruskan ke usus halus tepatnya usus 12 jari.

Lambung bisa mengalami iritasi pada bagian mukosa atau lapisan dinding dari lambung. Faktor utama penyebab penyakit gastritis atau maag adalah terkikisnya oleh cairan asam lambung itu sendiri.

Lambung secara aktif memproduksi asam lambung untuk membantu proses pencernaan dimana makanan juga zat yang terkandung di dalamnya menjadi lebih mudah bercampur satu sama lain. Asam lambung juga memiliki peranan penting membunuh kuman dan bakteri yang ada di dalam makanan maupun minuman yang kita konsumsi. Dan secara spesifik juga membantu dalam proses pemecahan protein menjadi asam amino karena protein cukup sulit untuk dipecah.

Makanan
Asam lambung bersifat sangat kuat apabila produksinya maka secara langsung bisa berakibat buruk terjadi pengikisan pada mukosa dinding lambung. Situasi ini sering terjadi pada orang yang kondisi lambungnya kosong atau tidak makan sehingga cairan asam lambung mengelabui penumpukan. Jenis makanan yang bisa menjadi penyebab penyakit gastritis diantaranya adalah makanan dengan rasa pedas juga yang menghasilkan banyak gas seperti buah nangka.

Minuman
Selain karena telat makan atau minum air putih penyebab penyakit gastritis atau maag juga bisa disebabkan karena minuman seperti kopi dan minuman bersoda. Minuman kopi dengan kandungan kafein yang tinggi bisa memicu erosi pada mukosa dinding lambung. Begitu juga halnya dengan minuman soda cara menghasilkan cukup banyak gas di dalam lambung. Minuman beralkohol juga bisa menjadi penyebab penyakit gastritis atau maag menjadikan lambung lebih rentan mengalami iritasi dan infeksi.

Penggunaan obat obatan
Jenis obat penghilang rasa nyeri umumnya menjadi penyebab penyakit gastritis atau maag. Jenis obat yang masuk di dalamnya adalah obat analgesik anti inflamasi non steroid juga biasa disingkat dengan AINS, contohnya jenis obat aspirin ibuprofen juga ada naproxen termasuk asam mefenamat. Jenis obat tersebut menghambat produksi prostaglandin dimana fungsi utamanya adalah melindungi mukosa lapisan dinding lambung.

Terjadinya infeksi
Injeksi juga bisa menyebabkan penyakit gastritis atau maag. Jenis bakteri yang umum infeksi lambung adalah H. Pylori. Bakteri ini sangat kuat dia mulai masuk ke dalam tubuh melalui saluran pencernaan dimana makanan dan minuman yang kita konsumsi tercemar bakteri H. Pylori. Terinfeksi virus HIV juga memudahkan seseorang terjangkit penyakit gastritis karena daya tahan tubuh menurun dan mudah terserang penyakit.

Stres psikologis atau depresi
Peningkatan aktivitas kerja pisikologi seseorang akan memicu meningkatnya produksi asam lambung apalagi biasanya dibarengin jangan telat makan dan juga minum. Situasi ini sangat berpotensi menyebabkan penyakit gastritis atau maag.

Gangguan autoimun
Masalah autoimun juga sering diistilahkan sebagai alergi namun ini sedikit berbeda tubuh salah mempersepsikan sel sel yang bersifat baik didalam lapisan mukosa lambung sebagai sesuatu yang berbahaya lalu menyerangnya dengan cara mengikis lapisan lambung. Gangguan autoimun ini biasanya sering dialami oleh orang yang kekurangan vitamin b kompleks.

Penyakit gastritis digolongkan menjadi 2 bagian yaitu:

Gastritis akut
Sesuai dengan namanya penyakit gastritis ini terjadi dalam waktu yang relatif cepat dan memiliki gejala yang lebih hebat kebanyakan disebabkan oleh konsumsi obat obatan, minuman alkohol, steroid, juga anti inflamasi khususnya aspirin, merokok juga kafein

Gastritis kronis
Biasanya disebabkan oleh bakteri helicobacter pylori atau gangguan autoimun. Dimana pengikisan lapisan dari dinding lambung berlangsung sedikit demi sedikit terjadinya iritasi dan ulkus pada dinding lambung yang terus berkembang.

Penyakit gastritis atau maag sebenarnya cukup sulit ditangani baik yang bersifat akut maupun kronis. Banyak orang yang menyepelekan masalah ini padahal harus mendapatkan perawatan dan penanganan yang intensif mengatur pola dan menu makan juga minum penyakit gastritis tidak bertambah parah.

Itulah beberapa penyebab penyakit gastritis atau maag.

Penyebab Penyakit Gastritis Atau Maag Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra