Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Minggu, 19 April 2015

Penyebab Penyakit Batu Ginjal Nefrolitiasis

Penyebab Penyakit Batu Ginjal Nefrolitiasis - Ginjal merupakan salah satu organ vital secara anatomi memiliki 2 buah bagian yaitu ginjal kanan dan ginjal kiri. Posisi ginjal bagian kanan sedikit lebih rendah karena di atasnya terdapat organ hati atau liver. Secara fisiologis seperti yang kita ketahui ginjal memiliki fungsi sebagai alat filtrasi atau penyaring darah dengan membuang sampah metabolisme berupa ureum dalam bentuk urine atau air kencing.

Ginjal mulai melakukan filtrasi atau penyaringan darah setelah menerima suplai dari vena abdominal juga vena cava inferior termasuk pembuluh darah dari hati atau hepar.

Penyebab Penyakit Batu Ginjal Nefrolitiasis
Penyebab Penyakit Batu Ginjal Nefrolitiasis

Karena kerjanya cukup berat di dalam tubuh pada situasi tertentu ginjal bisa saja mengalami penurunan kesehatan khususnya penurunan fungsi karena beberapa faktor salah satunya adalah adanya obstruksi batu ginjal.

Penyakit batu ginjal bisa terbentuk di dalam ginjal maupun pada bagian saluran ginjal yang mengarah ke kantung kemih sehingga mengganggu proses pembuangan urine atau air kencing. Berikut beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab penyakit batu ginjal.

Faktor genetik
Beberapa kasus penyakit batu ginjal bisa terjadi karena adanya turunan bakat dari garis generasi sebelumnya yang juga menderita penyakit batu ginjal. Faktor genetik sebagai penyebab penyakit batu ginjal nefrolitiasis meskipun secara pasti jumlahnya belum jelas namun yang pasti faktor genetik termasuk kedalam predisposisi seseorang mengalami pembentukan batu pada ginjalnya.

Faktor usia
Dari analisis data penderita penyakit batu ginjal didapatkan kecenderungan seseorang di rentang usia 45 hingga 60 tahun adalah periode terbanyak dimana seseorang mengalami penyakit batu ginjal. Ini bisa saja terjadi karena setelah memasuki usia tersebut sudah mulai terjadi penurunan kinerja dari sistem metabolisme tubuh dan mengakibatkan mudahnya terjadi pembentukan batu.

Asupan tinggi kalsium dan fosfor
Zat kalsium dan fosfor merupakan elemen penting dalam proses pembentukan jaringan padat seperti tulang dan termasuk juga batu ginjal. Kedua elemen tersebut jika kadarnya terlalu tinggi di dalam tubuh kemudian dibawa oleh darah menuju ke ginjal yang selanjutnya akan difiltrasi untuk dibuang berpotensi mengalami pengendapan sehingga lambat laun terbentuklah kristal dari batu ginjal.

Terlalu banyak duduk
Anjuran untuk rutin beraktivitas salah satunya olahraga fisik memang bukanlah ajaran yang salah karena banyak sekali penyakit yang bisa menghampiri kita jika jarang beraktivitas. Salah satu contohnya adalah terlalu banyak duduk, hal ini mengakibatkan peluang penimbunan berbagai zat padat di dalam urine menjadi lebih tinggi dan dari sanalah peluang terbentuknya batu ginjal.

Kurang minum air putih atau dehidrasi
Tadi telah kita ketahui bahwa fungsi utama dari organ ginjal adalah sebagai filtrasi atau saringan udara yang bersih banyak sampah metabolisme. Dalam situasi dehidrasi atau kurang minum air putih menjadikan darah kita lebih pekat tentu saja situasi ini akan menambah beban kerja dari ginjal, disamping itu pula darah yang terlalu pekat sangat berisiko akan terjadinya penyakit batu ginjal.

Penyakit batu ginjal juga sangat perlu diwaspadai karena bisa menimbulkan berbagai komplikasi penyakit lainnya seperti asites atau penumpukan cairan di dalam rongga perut karena darah tidak bisa bersirkulasi dengan lancar menuju ke ginjal, dan yang paling parah adalah mengakibatkan terjadinya penyakit gagal ginjal dimana ginjal tidak mampu berfungsi secara maksimal penyakit ini sangat ditakuti karena akan berujung pada tindakan cuci darah atau hemodialisis.

Itulah beberapa penyebab penyakit batu ginjal nefrolitiasis yang patut kita waspadai dan untuk pencegahan sebaiknya rutin mengkonsumsi air putih dan lebih banyak beraktivitas fisik.

Penyebab Penyakit Batu Ginjal Nefrolitiasis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra