Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Sabtu, 06 September 2014

Mengapa Harus Puasa Sebelum Cek Kadar Gula Darah

Mengapa Harus Puasa Sebelum Cek Kadar Gula Darah - Tingginya angka kejadian penyakit diabetes melitus atau yang umum disebut kencing manis atau kencing gula membuat kita harus lebih waspada. Penyakit diabetes melitus kebanyakan disebabkan karena perilaku dan pola makan yang kurang sehat juga minimnya aktivitas fisik sehingga terjadi penumpukan glukosa atau gula dalam darah. Kadar gula darah yang tinggi menjadi salah satu ciri dan tanda gejala awal sakit kencing manis.

Mengapa Harus Puasa Sebelum Cek Kadar Gula Darah
Mengapa Harus Puasa Sebelum Cek Kadar Gula Darah

Untuk bisa memastikan jumlah kadar gula darah kita harus melakukan pemeriksaan laboratorium dengan mengambil sampel darah. Sebelum dilakukan pemeriksaan cek kadar gula darah biasanya seseorang dianjurkan untuk puasa sekitar 8 jam.

Lalu kira-kira mengapa harus puasa sebelum cek kadar gula darah? Sebelumnya perlu kita ketahui ada 3 jenis pemeriksaan kadar gula darah yaitu setelah puasa, 2 jam setelah makan, dan kadar gula darah acak yang waktunya tidak ditentukan.

Untuk cek kadar gula darah setelah puasa kurang lebih 8 jam tentu harus menjalani "ritual" puasa terlebih dahulu. Alasannya karena gula atau glukosa yang ada di dalam tubuh khususnya aliran darah terbentuk dari makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, dan sumber kalori lainnya.

Jika seseorang tidak makan dalam rentang waktu selama kurang lebih 8 jam akan terjadi penurunan kadar gula darah angkanya bisa mencapai di bawah 110 mg/dl. Apabila kadar gula darah saat puasa lebih dari angka tersebut maka itu menjadi tanda dari penyakit diabetes melitus.

Jadi mengapa harus puasa sebelum cek kadar gula darah adalah bertujuan untuk mengetahui kadar gula darah di saat tubuh tidak mendapat asupan sumber kalori lalu membandingkan dengan standar nilai normal kadar gula darah puasa.

Setelah pemeriksaan kadar gula darah setelah puasa biasanya langsung dilakukan pemeriksaan kadar gula darah 2 jam setelah makan. Itulah alasan mengapa harus puasa sebelum cek kadar gula darah.Mengapa Harus Puasa Sebelum Operasi

Mengapa Harus Puasa Sebelum Cek Kadar Gula Darah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra