Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Minggu, 07 September 2014

Kenapa Luka Pada Diabetes Sulit Sembuh

Kenapa Luka Pada Diabetes Sulit Sembuh - Bagi penderita penyakit kencing manis atau yang dalam bahasa medis disebut diabetes melitus sangat dihimbau untuk tidak melakukan aktivitas membahayakan fisik yang bisa menimbulkan terjadinya luka. Luka yang terjadi karena benturan atau trauma baik pada tangan maupun kaki juga bagian tubuh pada kondisi normal akan sembuh dengan baik dibantu dengan nutrisi dan obat-obatan. Tetapi beda ceritanya pada penderita penyakit diabetes melitus dengan kadar gula darah tinggi dan produktivitas insulin rendah.

Kenapa Luka Pada Diabetes Sulit Sembuh
Kenapa Luka Pada Diabetes Sulit Sembuh

Tidak jarang orang masih bertanya-tanya kenapa luka pada diabetes sulit sembuh? Secara fisiologis apabila tubuh mengalami kerusakan baik pada saat sakit walaupun terjadi luka pada jaringan contohnya kulit sistem pada tubuh secara otomatis akan melakukan regenerasi dengan memanfaatkan nutrisi untuk menyembuhkan jaringan tersebut.

Sedangkan pada penderita penyakit diabetes metabolisme tubuh terganggu dimana nutrisi khususnya karbohidrat tidak mampu diolah dengan baik. Padahal fungsi karbohidrat cukup vital di dalam tubuh karena merupakan salah satu sumber energi juga zat nutrisi untuk meregenerasi sel tubuh.

Ketika penderita penyakit diabetes melitus mengalami luka karbohidrat yang sudah diubah menjadi glukosa tidak mampu diteruskan ke dalam sel karena rendahnya kadar insulin sehingga glukosa menumpuk di dalam darah.

Karena tidak mendapat cukup asupan nutrisi sel yang tadinya rusak atau mengalami luka akan sulit melakukan perbaikan sehingga membuatnya tidak kunjung sembuh. Selain karena kekurangan nutrisi luka pada diabetes sulit sembuh karena kadar gula yang tinggi dalam darah cenderung mengganggu proses sirkulasi darah yang seharusnya memberi nutrisi juga oksigen dan zat lainnya untuk membantu proses penyembuhan luka.

Itulah penyebab kenapa luka pada diabetes sulit sembuh. Penyebab Penderita Diabetes Bisa Lemas dan Pingsan Mendadak

Kenapa Luka Pada Diabetes Sulit Sembuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra