Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Jumat, 12 September 2014

Jenis Makanan Untuk Menurunkan Kolesterol Jahat

Jenis Makanan Untuk Menurunkan Kolesterol Jahat - Lemak atau kolesterol selama ini selalu memiliki citra negatif padahal tidak semua jenis lemak atau kolesterol bersifat "jahat" bagi tubuh. Jenis lemak yang patut dihindari atau jika jumlahnya tinggi di dalam tubuh itu yang patut diwaspadai adalah lemak atau kolesterol jenis low density lipoprotein [LDL] dan satu lagi yaitu very low density lipoprotein [VLDL]. Kadar normal dari kolesterol LDL dan VLDL adalah di bawah 100 mg/dl darah.

Jenis Makanan Untuk Menurunkan Kolesterol Jahat
Jenis Makanan Untuk Menurunkan Kolesterol Jahat

Untuk mencegah terjadinya peningkatan kadar kolesterol "jahat" tersebut bisa dilakukan dengan cara mengurangi konsumsi makanan yang mengandung tinggi lemak seperti gorengan, juga masakan laut. Selain itu ada beberapa jenis makanan yang bisa membantu menjaga dan menurun kolesterol di dalam tubuh.

Berikut beberapa jenis makanan untuk menurunkan kolesterol jahat:

Makanan tinggi serat
Selain membantu meningkatkan kinerja saluran pencernaan dan mencegah terjadinya konstipasi atau sulit buang air besar serat secara efektif mampu membantu peningkatan penyerapan lemak di dalam saluran. Serat membuat kita merasa kenyang lebih lama sehingga membatasi keinginan untuk makanan lebih baik.

Serat juga merupakan jenis mikronutrien yang rendah kalori menjadikannya lebih menyehatkan khususnya dari tubuh dalam pembentukan dan penimbunan lemak. Yang tergolong ke dalam makanan tinggi serat adalah sayuran, buah buahan, juga rumput laut.

Makanan rendah kalori
Salah satu faktor produksi kolesterol didalam tubuh terjadi karena banyaknya kalori yang tertimbun. Kalori terbentuk dari makanan yang kita konsumsi seperti karbohidrat, protein, dan lemak. Untuk itu perlu pembatasan konsumsi kalori dalam makanan solusinya adalah memilih jenis makanan alternatif.

Sebagai contoh kurangi konsumsi nasi dengan sebagian menggantikannya dengan mengkonsumsi kentang, tujuannya kita tetap merasa kenyang namun tidak memiliki banyak kandungan kalori.

Konsumsi bawang putih
Beberapa studi yang pernah dilakukan memberikan hasil konsumsi bawang putih mampu menurunkan kolesterol "jahat" LDL dan mencegah terjadinya penumpukan lipid di pembuluh darah yang berpotensi menyebabkan terjadinya masalah pada organ jantung dan sistem saraf pusat.

Itulah beberapa jenis makanan untuk menurunkan kolesterol jahat. Mencegah Penyakit Jantung Dengan Menurunkan Kadar Kolesterol LDL

Jenis Makanan Untuk Menurunkan Kolesterol Jahat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra