Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Kamis, 29 Maret 2012

Mencegah Penyakit Jantung Dengan Menurunkan Kadar Kolesterol LDL

Mencegah Penyakit Jantung Dengan Menurunkan Kadar Kolesterol LDL - Seperti yang kita ketahui penyakit jantung merupakann penyakit paling populer di dunia bersama dengan penyakit diabetes mellitus atau kencing manis. Penyakit jantung termasuk ke dalam penyakit tidak menular jadi upaya pencegahannya cenderung bersifat personal dengan perilaku dan gaya hidup sehat. Ada beberapa faktor yang mengakibatkan terjadinya penyakit jantung salah satunya adalah tingginya kadar kolesterol LDL, apa itu kolesterol LDL?

Sebelum kita melangkah lebih jauh tentang kolesterol LDL yang sering menyebabkan penyakit jantung mari kita ulas dulu kolesterol secara umum. Kolesterol adalah lipoprotein yang diproduksi di dalam hati, kadar kolesterol ditentukan dari makanan dan proses metabolisme. Ada dua [2] jenis kolesterol secara umum yaitu High density lipoproteins [HDL] dan Low density lipoproteins [LDL].

High density lipoproteins [HDL] dikenal juga sebagai kolesterol baik sedangkan Low density lipoproteins [LDL] disebut juga kolesterol "jahat". Tingginya kadar kolesterol Low density lipoproteins inilah yang harus diwaspadai karena dia dapat mengakibatkan penumpukan plak di dinding pembuluh darah sehingga mengakibatkan aliran darah tersumbat hal ini bisa merusak aliran darah ke jantung.

Mencegah Penyakit Jantung Dengan Menurunkan Kadar Kolesterol LDLSeperti organ lainnya jantung juga membutuhkan nutrisi dan oksigen yang ada dalam darah, darah untuk jantung dialiri oleh arteri koroner, arteri inilah yang sering mengalami penyempitan karena tingginya kadar kolesterol LDL dan biasa disebut penyakit jantung koroner.

Kadar normal kolesterol High density lipoproteins [HDL] > 40 mg/dl sedangkan untuk Low density lipoproteins [LDL] < 160 mg/dl. Untuk menurunkan kadar kolesterol LDL dengan perilaku hidup sehat seperti olahraga dan kurangi makan makanan yang memiliki lemak jenuh tinggi seperti gorengan, lemak, kuning telur dan daging. Kolesterol LDL juga berbahaya bagi otak karena bisa menyebabkan terjadinya stroke, namun kadar kolesterol LDL yang terlalu rendah juga tidak baik karena mengganggu proses metabolisme - Mencegah Penyakit Jantung Dengan Menurunkan Kadar Kolesterol LDL.
Baca juga artikel dan informasi kesehatan lainnya di daftar artikel kesehatan.

Mencegah Penyakit Jantung Dengan Menurunkan Kadar Kolesterol LDL Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra