Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Rabu, 02 Juli 2014

Faktor Penyebab Terjadinya Tekanan Darah Rendah

Faktor Penyebab Terjadinya Tekanan Darah Rendah - Bersumber dari beberapa teori tekanan darah dikatakan rendah atau mengalami hipotensi apabila tekanan sistolik berada dibawah 90 mmHg dan tekanan diastolik berada di bawah 60 mmHg. Meskipun begitu patokan ini tidak berlaku bagi semua orang karena setiap individu adalah unik jadi memiliki sistem biologis yang berbeda-beda begitu juga dengan ukuran tekanan darah.

Faktor Penyebab Terjadinya Tekanan Darah Rendah
Faktor Penyebab Terjadinya Tekanan Darah Rendah

Secara umum ada dua gangguan pada tekanan darah yaitu tekanan darah tinggi atau hipertensi dan tekanan darah rendah atau hipotesis, untuk saat ini kita bahas dulu tekanan darah rendah atau hipotensi. Di awal kita sudah mengetahui definisi dari tekanan darah rendah namun belum mencakup faktor penyebab terjadinya tekanan darah rendah.

Bagi kebanyakan masyarakat tekanan darah rendah disebabkan oleh kurang darah padahal kedua istilah tersebut sangat jauh berbeda. Kurang darah adalah kondisi dimana tubuh mengalami kekurangan sel darah atau biasa disebut dengan anemia. secara langsung anemia memang bisa menjadi penyebab terjadinya tekanan darah rendah namun ada beberapa faktor lainnya yang berpotensi menyebabkan terjadinya hipotensi.

Yang pertama adalah adanya gangguan kesehatan pada jantung. Fungsi utama dari jantung adalah memompa darah jadi sangat berkaitan langsung dengan lemah dan kerasnya tekanan darah tersebut. Pada masalah jantung seperti pembesaran otot jantung atau kardiomegali biasanya ditandai dengan gejala awal yaitu peningkatan tekanan darah dimana otot jantung yang mengalami pembesaran bekerja lebih keras memompa darah. Namun jika sudah berlanjut ke stadium yang lebih parah si penderita akan mengalami penurunan tekanan darah atau hipotensi ini disebabkan karena otot jantung sudah mengalami kelelahan.

Selain karena penyakit jantung gangguan produksi hormon juga bisa menjadi penyebab terjadinya tekanan darah rendah, salah satunya adalah hormon endokrin. Hormon endokrin secara langsung berkaitan dengan proses kerja dari jantung baik dalam mengatur frekuensi denyut jantung juga tekanan darah. Kekurangan hormon endokrin akan menyebabkan seseorang mengalami karena darah rendah atau hipotesi.

Selanjutnya adalah perdarahan. Tekanan darah sangat berkaitan dengan volume darah yang ada di dalam tubuh, pada kasus perdarahan contoh pada kecelakaan atau keguguran banyak darah yang keluar sehingga mengurangi volume darah di dalam pembuluh darah. Situasi ini akan membuat sistem kardiovaskuler menjadi kolap sehingga terjadilah penurunan tekanan darah.

Faktor penyebab terjadinya tekanan darah rendah lainnya adalah reaksi alergi. Alergi tingkat lanjut akan menimbulkan efek penurunan tekanan darah, ini menjadi alasan mengapa penderita alergi harus mendapatkan perawatan yang cepat karena resiko yang ditimbulkannya cukup parah karena berhubungan langsung dengan sirkulasi darah.

Itulah beberapa faktor penyebab terjadinya tekanan darah rendah.

Faktor Penyebab Terjadinya Tekanan Darah Rendah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra