Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Kamis, 26 Juni 2014

Zat Besi Juga Berbahaya Bagi Kesehatan Jantung

Zat Besi Juga Berbahaya Bagi Kesehatan Jantung - Zat besi sangat dikenal dengan fungsinya sebagai bahan dasar dari pembentukan sel darah merah juga membantu pembentukan jaringan tubuh. Zat besi banyak terdapat di dalam jenis makanan hewani seperti daging khususnya daging merah. Selain memiliki banyak manfaat untuk kesehatan ternyata zat besi juga memiliki efek negatif khususnya zat besi yang berasal dari daging merah. Salah satu dampak negatifnya adalah berbahaya bagi kesehatan jantung.

Zat Besi Juga Berbahaya Bagi Kesehatan Jantung
Zat besi dari daging merah

Zat besi yang kita dapat dari makanan berbahan baku daging merah akan lebih cepat diserap oleh tubuh, dia juga mampu bekerja lebih cepat di dalam sel maupun jaringan. Namun situasi ini ternyata bagaikan pedang bermata dua karena di satu sisi zat besi jenis ini berbahaya bagi kesehatan jantung.

Ketika diserap oleh tubuh lalu masuk ke dalam aliran pembuluh darah zat besi yang berasal dari daging merah apabila kadarnya tinggi dan berlangsung lama maka sangat berisiko menyebabkan terjadinya kerusakan pada pembuluh darah khususnya pembuluh darah yang terdapat di jantung. Di dalam jantung ada sebuah pembunuh darah besar yang disebut dengan aorta, Ini adalah pembuluh darah vital dimana fungsinya sebagai selang yang akan mengaliri darah dari jantung ke seluruh tubuh.

Analisis zat besi juga berbahaya bagi kesehatan jantung didapat dari berbagai penelitian yang sudah pernah dilakukan di beberapa negara. Dari beberapa responden yang diamati ternyata sebagian besar yang secara rutin mengkonsumsi daging merah dan memiliki kadar zat besi yang cukup tinggi dalam darah didapati memiliki peluang terkena penyakit jantung.

Zat besi dari daging merah memiliki struktur yang sedikit berbeda dimana dia mampu meningkatkan terbentuknya kolesterol jahat atau low density lipoprotein dimana zat ini sangat merugikan bagi tubuh apabila kadarnya melebihi ambang normal.

Zat besi yang bersumber dari daging merah juga bisa menjadi cikal bakal terbentuknya lemak di dalam pembuluh darah. Lemak tersebut lambat laun akan semakin menempel di dinding pembuluh darah sehingga menghambat sirkulasi darah, jika situasi seperti ini terjadi di dalam otak maka yang akan terjadi adalah penyakit stroke. Apabila terjadi di jantung maka terjadilah penyakit jantung koroner atau penyempitan arteri koroner.

Itulah penyebab mengapa zat besi juga berbahaya bagi kesehatan jantung khususnya zat besi yang bersumber dari makanan dengan bahan baku daging merah. Namun bukan berarti kita harus merasa cemas dari studi ini karena kekurangan zat besi juga memiliki efek berbahaya bagi kesehatan.

Tubuh sangat membutuhkan zat besi khususnya sebagai pembentukan sel darah merah. Sel darah merah nantinya akan berfungsi sebagai mediator penghantar oksigen dari paru paru untuk disalurkan ke semua sel yang ada di dalam tubuh, sekaligus untuk membuang karbondioksida hasil metabolisme.

Zat Besi Juga Berbahaya Bagi Kesehatan Jantung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra