Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Proses Mengapa Bisa Terjadinya Menggigil

Proses Mengapa Bisa Terjadinya Menggigil - Ketika seseorang mengalami demam salah satu gejalanya adalah peningkatan suhu tubuh yang disertai dengan menggigil. Suhu tubuh manusia dalam keadaan normal sekita 36,5° C sampai 37,3° C namun saat demam bisa mencapai 39,5° C, peningkatan suhu tubuh dengan menggigil berada dalam satu proses. Mengapa saat demam seseorang bisa menggigil, bagaimana proses terjadinya menggigil? Mari kita ulas.

Menggigil sebenarnya respon dari sistem pengaturan suhu tubuh yang berpusat di hipotalamus [terletak di otak]. Hipotalamus adalah kelenjar yang bertugas mengatur tinggi rendahnya suhu tubuh, jika cuaca panas suhu tubuh akan dikontrol untuk berada di level serendah mungkin [dalam batasan normal] dengan cara berkeringat, namun jika suhu lingkungan dingin maka suhu tubuh akan dinaikkan salah satu caranya adalah menggigil.

Proses Mengapa Bisa Terjadinya MenggigilSaat terjadi demam dimana suhu tubuh menjadi lebih tinggi mengakibatkan suhu udara di lingkungan luar menjadi terasa lebih dingin. Suhu yang lebih rendah ini direspon oleh kulit dan melaporkan ke pusat saraf khususnya bagian hipotalamus, dengan cepat hipotalamus akan merespon dan memerintah beberapa sistem agar tubuh tidak terganggu oleh suhu lingkungan yang lebih rendah.

Caranya, hipotalamus memberi perintah pada saraf pusat yang diteruskan ke saraf tepi untuk menggerakkan otot di bawah kulit yang merasakan kedinginan sehingga terjadilah menggigil. Dengan menggigil akan menciptakan kalori sehingga mampu mengkonpensasi suhu dingin yang dirasakan.

Menggigil juga sering terjadi saat cuaca dingin dengan proses terjadi yang sama yaitu

Suhu lingkungan lebih rendah / dingin -> Kulit -> Hipotalamus -> Sistem saraf -> Otot -> Menggigil

Proses Mengapa Bisa Terjadinya Menggigil - Baca juga artikel dan informasi kesehatan Demam Diberi Kompres Hangat Atau Dingin.

Posting Komentar untuk "Proses Mengapa Bisa Terjadinya Menggigil"