Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Kamis, 21 April 2011

Demam Diberi Kompres Hangat Atau Dingin

Demam Diberi Kompres Hangat Atau Dingin - Pernahkah Anda merasa kebingunggan memilih antara kompres hangan atau kompres dingin untuk menurunkan demam? Sebenarnya kedua kompres tadi sama-sama bisa digunakan untuk menurunkan demam [panas badan], hanya beda cara kerjanya saja kutu buku. Keduanya memiliki sistem kerja sesuai dengan hukum fisika yaitu evaporasi dan konversi/perpindahan energi.

Demam Diberi Kompres Hangat Atau Dingin
Demam Diberi Kompres Hangat Atau Dingin


Kompres Hangat
Kompres hangat bekerja dengan menggunakan sistem evaporasi, evaporasi adalah proses perubahan molekul di dalam keadaan cair [contohnya air] dengan spontan menjadi gas [contohnya uap air]. Ketika kompres diletakkan pada bagian tubuh [kulit] maka pori-pori akan terbuka sehingga panas tubuh akan keluar dari sana bersamaan dengan keringat, untuk itu pada pemberian kompres hangan harus lebih banyak minum ngiler. Juga jangan menggunakan pakaian yang terlalu tebal karena proses evaporasi tidak berjalan dengan baik. Cara ini akan mengeluarkan panas tubuh memindahkannya ke lingkungan luar, atur juga ventilasi ruangan agar tidak terlalu panas.

Kompres Dingin
Kompres dingin menganut sistem Konversi/perpindahan energi, kompres dingin yang bersuhu lebih rendah ketika ditempelkan ke kulit diharapkan terjadi perpindahan suhu dingin dari kompres ke tubuh sehingga suhu tubuh menjadi turun. Dengan kompres dingin minum banyak air tetap diberlakukan. Pada kondisi demam air sangat dibutuhkan untuk membantu menurunkan suhu tubuh, membuang panas lewat urine [kencing] dan keringat.

Saat ini kompres dingin mulai ditnggalkan karena beresiko mengakibatkan konversi suhu yang ekstrim atau malah bisa mengakibatkan peningkatan suhu tubuh karena ketika kompres dingin [es] ditempelkan di kulit tubuh akan mengira suhu lingkungan dingin lalu otak [hipothalamus] malah meningkatkan suhu tubuh yang sudah panas/demam untuk mengimbangi suhu dingin tersebut. - Demam Diberi Kompres Hangat Atau Dingin.

Jika artikel Demam Diberi Kompres Hangat Atau Dingin ini bermanfaat bagi Anda klik tombol like, bagikan ke twitter dan beri +1, jangan lupa memberi komentar. Baca juga artikel dan info kesehatan Mengapa Kita Menutup Mata Saat Bersin

Demam Diberi Kompres Hangat Atau Dingin Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra