Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Senin, 21 Mei 2012

Mengenal Lebih Dekat Tentang Subak

Mengenal Lebih Dekat Tentang Subak - "Subak" mungkin kata ini agak asing di telinga banyak orang tapi beberapa hari terakhir Subak mulai sering dibicarakan karena dia telah dinyatakan sebagai warisan dunia oleh UNESCO [United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization] tahun 2012. Bagi yang belum mengenal mungkin masih bertanya-tanya apa itu Subak? Subak adalah sistem irigasi yang biasa digunakan oleh masyarakat Bali.

Apa keistimawaan dari Subak sehingga membuat UNESCO menobatkannya sebagai budaya warisan dunia? Subak sebagai sistem irigasi bukan hanya mencakup bagaimana sistem irigasi yang tepat untuk diaplikasikan baik dalam pertanian, perikanan, maupun dalam memanfaatkan air sebagai sumberdaya alam. Yang membuat Subak itu menjadi lebih spesial adalah asas kerjanya berdasarkan asas keadilan.

sangkep subak
Sumber: banjartegallinggah.blogspot.com

Di Bali, Subak memiliki organisasi dengan ketuanya yang disebut Pekaseh. Pekaseh bersama para petani, peternak, juga pengelola kegiatan yang terkait dengan air selalu melakukan perencanaan dan melaksanakan pengairan baik untuk sawah, kolam ikan, termasuk air bersih dengan sangat adil melalui musyawarah di Bali disebut Sangkep [Angkep = berdekatan/mendekat]. Perencanaan matang disiapkan bagaimana nantinya sebuah lahan akan diberi air, seberapa banyak, seberapa lama, dan bagaimana mereka bekerja semua terencana dengan baik.

sawah baliBagi yang pernah jalan-jalan ke Bali pasti banyak melihat tata letak sawah berundak juga terlihat sangat terasi, semua itu dilakukan bukan hanya untuk indah dilihat tetapi dengan teknik seperti ini akan memudahkan sistem irigasi Subak mengaliri sawah dari atas ke bawah. Subak mengelola air gunung, bendungan, sungai, telabah, dan kekalen. Telabah adalah cabang saluran dari sungai sedangkan Kekalen adalah cabang dari Telabah.

Sebelum dinobatkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO sudah banyak Mahasiswa juga peneliti termasuk pengamat pengairan dari berbagai negara datang ke Indonesia khususnya Bali untuk melakukan study tentang Subak. Subak tidak hanya berlandaskan asas keadilan tapi juga bagaimana menjaga kualitas dan kuantitas air dan memanfaatkannya secara optimal, bagaimana mengelola air agar tidak lewat begitu saja dari gunung menuju laut - Mengenal Lebih Dekat Tentang Subak.

Mengenal Lebih Dekat Tentang Subak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra