Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Kamis, 24 Mei 2012

Cara Meningkatkan Kontaksi Uterus

Cara Meningkatkan Kontaksi Uterus - Uterus adalah organ reporoduksi wanita yang dalam bahasa Indonesia disebut rahim. Uterus yang dalam keadaan kosong [tidak hamil] memiliki ukuran hanya sebesar ibu jari tetapi dalam keadaan hamil ukurannya bisa melebar hingga 3x ukuran bola sepak bola. Uterus yang membesar saat hamil membuat perut terlihat besar, bukan perut [usus/lambung] yang membesar saat hamil tapi uterus. Setelah melahirkan uterus akan kembali mengempes atau kontraksi.

Semakin cepat atau kuat kontraksi uterus makan semakin cepat juga perut akan mengecil. Inilah yang biasa menjadi masalah umum bagi para ibu setelah melahirkan, mereka pasti menginginkan bisa segera langsing seperti semula. Lalu bagaimana caranya meningkatkan kontraksi uterus?

Cara Meningkatkan Kontaksi UterusUterus tersusun atas jaringan otot yang elastis untuk bisa berkontraksi ada beberapa faktor yang berperan yaitu anatomi dan hormonal. Kontraksi karena anatomi maksudnya uterus yang tadinya berisi bayi menjadi kosong sehingga dia berkontraksi bahkan kontraksi sudah terjadi beberapa saat ketika akan melahirkan untuk mendorong janin untuk lahir, sedangkan hormonal dipengaruhi oleh hormon oksitosin [oxytocin] yang juga biasa disebut "hormon cinta".

Jika secara anatomi sesaat sebelum dan setelah bayi keluar uterus akan langsung berkontraksi maka dengan memaksimalkan faktor hormonal inilah kita bisa meningkatkan kontraksi uterus.

Cara agar produksi hormon oksitosin bisa maksimal adalah memijat payudara ibu dengan lembut setelah bayi lahir juga memijat halus pada bagian fundus [bagian atas dari uterus] letaknya beberapa jari di bawah pusar.

Dengan teknik ini produksi hormon oksitosin bisa lebih optimal sehingga mampu merangsang uterus untuk berkontraksi lebih kuat hasilnya perut akan mengempes lebih cepat dan kuat. Namun, kontraksi uterus butuh waktu tidak bisa hanya dalam hitungan detik langsung kembali seperti semula, butuh waktu beberapa hari bersamaan dengan pemulihan setelah melahirkan.

Sedikit berbeda dengan ibu yang menjalani persalinan dengan operasi caesar, uterus butuh waktu lebih lama untuk sembuh karena mengalami "trauma" robek jadi jangan terlalu dipaksa untuk berkontraksi dengan cepat. Jika ada yang bertanya mengapa dengan memijat payudara ibu bisa memaksimalkan produksi hormon prolaktin? Baca di Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan - Cara Meningkatkan Kontaksi Uterus.

Cara Meningkatkan Kontaksi Uterus Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra