Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Jumat, 15 April 2011

Stroke Hemoragik dan Stroke Embolik

Stroke Hemoragik dan Stroke Embolik - Stroke merupakan penyakit pembunuh yang masuk peringkat 3 besar di dunia cemas, penyakit ini bisa saja menyerang begitu saja tanpa aba-aba dan peringatan awal. Stroke adalah penyakit vaskuler cerebral [otak] di mana terjadi gangguan aliran darah pada otak sehingga suplai oksigen, nutrisi dan zat penting lainnya. Adanya gangguan tersebut mengakibatkan otak mengalami kematian jaringan, penurunan fungsi dan metabolisme.

Walaupun persentase kesembuhan masih kecil tapi penyakit ini masih bisa disembuhkan walaupun terkadang tidak 100%. Penyebab stroke diantaranya diabetes mellitus [kencing manis], hipertensi, arterosklerosis [pengerasan arteri], tingginya kadar lemak dalam darah, trauma fisik. Ada dua jenis stroke yaitu stroke hemoragik dan strokre embolik.

Stroke Hemoragik
Jenis stroke ini disebabakan oleh perdarahan atau pecahnya pembuluh darah otak[hemoragik], biasanya disebabkan oleh hipertensi karena kerasnya tekanan pada pembuluh darah atau karena benturan fisik babak belur.

Stroke Embolik
Stroke embolik disebabkan oleh tersumbatnya aliran darah pada otak [emboli], sehingga suplai oksigen dan nutrisi ke otak terganggu dan terjadi kematian sel otak berkesah. Biasanya disebabkan oleh tingginya kadar lemak dalam darah atau arterosklerosis [pengerasan arteri].

Penyakit ini membutuhkan penanganan yang berkelanjutan, pengobatan jangka panjang dan semangat dan motivasi tinggi dari penderia untuk bisa sembuh sangat mempengaruhi proses penyembuhan - Stroke Hemoragik dan Stroke Embolik.

Jika artikel Stroke Hemoragik dan Stroke Embolik ini bermanfaat bagi Anda klik tombol like, bagikan ke twitter dan beri +1, jangan lupa memberi komentar. Baca juga artikel dan info kesehatan lainnya.

Stroke Hemoragik dan Stroke Embolik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra