Artikel Informasi Kesehatan, Bank, Blog, Internet, Tekno

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Kamis, 01 Maret 2012

Awas ASI Bisa Merusak Gigi, Jika

Awas ASI Bisa Merusak Gigi, Jika - Besarnya manfaat ASI atau Air Susu Ibu memang tidak bisa dibantah lagi, ini juga yang melatar belakangi kenapa pemerintah dan badan kesehatan dunia WHO menetapkan aturan wajib pemberian ASI selama 2 tahun bagi bayi. Manfaat ASI bukan hanya bisa dirasakan oleh balita tapi juga orag dewasa, seperti es cream ASI yang sempat populer di Eropa. Dari kayanya manfaat ASI ada yang perlu diperhatikan karena ternyata ASI bisa merusak gigi, jika .....?

ASI berpotensi merusak gigi saat minum ASI di malam hari. Ketika ibu menyusui si kecil di malam hari cenderung si kecil langsung tertidur pulas, saat itulah ASI akan melekat pada gigi bayi dan meningkatkan resiko tumbuhnya bakteri yang bisa merusak gigi.

Awas ASI Bisa Merusak Gigi, JikaJika hal ini terjadi sekali dua kali mungkin dampaknya tidak akan terlalu signifikan, namun aktivitas ini sudah menjadi kebiasaan bagi si bayi untuk minum ASI sambil tidur. Masalah ini bukan hanya ditimbulkan oleh ASI saja tapi juga susu formula yang diberikan dengan dot.

Untuk menghindari kerusakan gigi kita bisa mengikuti tips berikut:

  • Jangan berikan air susu yang ditambahkan gula.
  • Setelah selesai minum susu bilaslah dengan air. Caranya, berikan dot yang berisi air untuk membesihkan gigi.
  • Akan lebih bagus jika gigi yang baru tumbuh dibersihkan dengan pembersih, kain kasa atau kain handuk lembut hingga bagian lidah dan tepi bibir, walaupun giginya baru muncul satu.
Sumber: Drg. Zaura

Pentingnya peran dari orang tua sangat berpengaruh pada kesehatan gigi si kecil, dengan mengajarkan dan membiasakan anak melakukan perawatan gigi dan gosok gigi sebelum tidur akan menghindarkannya dari kerusakan gigi. Kebiasaan menggosok gigi sebelum tidur memang lebih penting dari pada setelah sarapan karena gigi yang kotor saat tidur lebih mudah ditumbuhi bakteri - Awas ASI Bisa Merusak Gigi, Jika.
Baca juga artikel dan informasi kesehatan Mengapa Susu & Telur Sering Membuat Alergi.

Awas ASI Bisa Merusak Gigi, Jika Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adiana Putra